Bersertifikat Internasional Pisang Mas dari Lumajang

Bersertifikat Internasional Pisang Mas dari Lumajang

(Berita Daerah – Lumajang) Salah satu produk unggulan hasil pertanian  Kabupaten Lumajang, Jawa Timur adalah Pisang Mas Kirana.

Nama pisang Kirana diambil dari nama salah satu Raja Kerajaan Lamadjang Tigangjuru yaitu Narariya Kirana. Pisang Mas Kirana sudah dibudidayakan dan ditanam secara turun menurun oleh masyarakat Lumajang, terutama di wilayah Kecamatan Senduro, Pasrujambe, Gucialit dan Tempursari.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq  mengatakan bahwa Pisang Mas Kirana juga ditetapkan sebagai varietas unggul nasional berdasarkan SK Menteri Pertanian tahun 2005.

Pisang Mas Kirana merupakan produk unggulan nasional yang menjadi kebanggaan Kabupaten Lumajang yang telah ditetapkan oleh Keputusan Menteri Pertanian tahun 2005.

Sampai saat ini Pisang Mas Kirana sudah mendapatkan beberapa Sertifikasi Produk, di antaranya, Sertifikasi Prima 3 yang dikeluarkan oleh Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKPD) Provinsi Jawa Timur.

Sertifikasi Global GAP merupakan Sertifikat Internasional yang berlaku di seluruh Dunia untuk keamanan produk dan dikeluarkan oleh Control Union Certification dari Belanda dan Sertifikasi Organik dari Lembaga Sertifikasi Pertanian Organik Indonesia.