Semarak Festival Asmat Pokman 2023

(Beritadaerah – Asmat) Memasuki bulan Oktober bagi masyarakat di Kabupaten Asmat akan disuguhkan event yang sangat menarik berupa rangkaian kegiatan Festival Asmat Pokman. Kabupaten Asmat sendiri merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Papua Selatan, Indonesia dengan ibukota kabupaten ini terletak di distrik Agats.

Acara ini setiap tahun dilaksanakan dalam rangka menarik wisatawan dan juga mengenalkan budaya suku Asmat kepada masyarakat luas.

Acara ini diadakan selama 5 hari. Festival Asmat Pokman 2023 ini merupakan gelaran ke-35 tahun yang berlangsung pada tanggal 6 hingga 11 Oktober 2023.

Acara yang sangat meriah dan beberapa rangkaian acaranya dimulai dari Opening Ceremony, Karnaval Lintas Budaya, Talk Show, Eksebisi Perahu, Penanaman Pohon Bakau, Pentas Tari dan Musik, Pembukaan Lelang Ukiran dan Anyaman, Pangkur Sagu dan Kuliner Asmat, Eksibisi Mengukir dan Penganyam oleh Seniman – Seniwati Asmat.

Sebanyak 567 seniman tradisional di Asmat turut berpartisipasi dalam festival tersebut.  Ratusan peserta festival terdiri dari 194 pengukir, 53 penganyam, 125 pendayung perahu, 75 penari tradisional dan 120 orang penari kreasi.

Event ini telah berakhir pada Ceremony Penutupan FAP pada Rabu, tanggal 11 Oktober 2023.

Foto: Septa/Kontributor BD