Persiapan Pilkada di Jepara, Jawa Tengah

(Beritadaerah – Jepara) Dalam Persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Sebanyak 3.413 petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) akan diterjunkan, untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih . Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara, Siti Nurwakhidatun menyampaikan, Pantarlih akan mendatangi ke rumah warga di seluruh wilayah Jepara untuk mendapat data yang akurat.

Dikutip dari sumber Diskominfo Jepara, Wakhidatun dalam rapat koordinasi pemutakhiran data pemilih, di Aula Kantor KPU kabupaten mengatakan “Petugas pemutakhiran data yang kami tugaskan ke desa-desa akan mendatangi setiap rumah untuk mendata. Kami mohon Bapak/Ibu menerimanya dengan baik,” Untuk mendukung proses Pantarlih yang dimulai dari 24 Juni hingga 24 Juli 2024, diharapkan setiap keluarga bisa menyiapkan KTP elektronik dan kartu keluarga (KK) saat petugas Pantarlih datang.

Untuk petugas Pantarlih, direkrut sesuai dengan jumlah tempat pemungutan suara (TPS), yakni 1.740 TPS reguler. Sedangkan data pemilih yang menjadi bahan coklit Pantarlih di Kabupaten Jepara adalah 922.600 pemilih. Setiap petugas akan melakukan coklit antara 250 sampai 300 pemilih di Kabupaten Jepara. Jumlah itu sendiri sebelumnya telah dipetakan, bebernya

Pada kesempatan yang sama, Wakhidatun meminta kepada jajaran pemerintah dan pemangku kepentingan untuk mendukung sosialisasi coklit Pilkada 2024. Dan kepada seluruh masyarakat diminta untuk ikut berpartisipasi dan menyukseskan setiap tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada 2024 nanti.

Wakhidatun juga menyampaikan “Pemutakhiran data pemilih ini merupakan ujung tombak pada pelaksanaan Pilkada 2024 nanti, agar tahapan-tahapan selanjutnya untuk Pilkada akan berjalan dengan lancar,”.