Menko Airlangga: Hingga Juli 2024 telah Ditetapkan 233 PSN

(Beritadaerah-Jakarta) Dalam Peluncuran Geoportal Kebijakan Satu Peta 2.0 dan White Paper OMP Beyond 2024 serta Penyampaian Hasil Capaian PSN dan KEK di Jakarta, Kamis (18/7), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan hingga Juli 2024 telah ditetapkan sebanyak 233 Proyek Strategis Nasional (PSN), dengan rincian sebanyak 218 berupa proyek dan 15 berupa program.

Nilai Investasi dari 233 PSN diperkirakan akan mencapai Rp6.246,7 triliun dan akan menyerap tenaga kerja sebanyak 2,71 juta orang. Kemudian terkait Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang menjadi pilar penting dalam transformasi ekonomi, hingga semester I tahun 2024 kinerja KEK menunjukkan hasil memuaskan dengan realisasi investasi kumulatif senilai 205,2 triliun rupiah dengan tenaga kerja mencapai 132.227 orang.

“Salah satu milestone-nya adalah penyelesaian proyek Freeport Indonesia di Gresik atau hilirisasi dengan investasi 58 triliun rupiah. Itu adalah the single largest investment di satu lokasi dan alhamdulillah diselesaikan secara on time,” kata Menko Airlangga.

Menko Airlangga selaku Ketua Tim Percepatan Kebijakan Satu Peta menjelaskan bahwa terdapat juga commissioning Data Center di KEK Nongsa Digital Park, dengan telah mulai dibangun 10 Data Center dan juga dibangun untuk pertama kali Data Center khusus untuk Artificial Intellegence.

Kemudian untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia, Indonesia juga telah berhasil mengundang King’s College London untuk mengisi KEK Singhasari.

Selain itu Menko Airlangga juga menyampaikan dengan percepatan Kebijakan Satu Peta dan penyempurnaan PSN serta pengembangan KEK, diharapkan pembangunan Indonesia akan lebih tinggi 1-2 persen.

Dalam peluncuran ini, Menko Airlangga juga menyerahkan Penghargaan KEK Terbaik dan pemberian apresiasi PSN kepada perwakilan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah dan BUMN.