(Photo: Kominfo)

Presiden Jokowi Meninjau Progres Hotel Nusantara di IKN

(Beritadaerah-Nasional) Pada hari ketiga kunjungannya ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, Presiden Joko Widodo mengunjungi Hotel Nusantara pada Selasa (30/07/2024). Saat tiba di hotel, Kepala Negara meninjau berbagai fasilitas yang tersedia, termasuk lobi, tempat makan, dan kamar tidur.

Hazel Yehezkiel Pauranan, Asisten Direktur Penjualan Hotel Nusantara, mengungkapkan bahwa hotel dengan kapasitas 191 kamar tersebut belum sepenuhnya beroperasi. Dikatakan, Hotel Nusantara dijadwalkan akan diresmikan pada 17 Agustus 2024.

Menurut Hazel, operasional hotel sebenarnya sudah dimulai sejak 28 Juli 2024, meskipun belum semua kamar siap digunakan. Hal ini disampaikan melalui pernyataan tertulisnya.

Hazel juga menyampaikan bahwa konstruksi hotel telah selesai setelah peletakan batu pertama (groundbreaking) oleh Presiden Jokowi pada 21 September 2023. Saat ini, pengerjaan furnishing masih berlangsung di area lobi hotel, sementara Nusa Restaurant sudah mulai beroperasi.

Sebelumnya, dalam kunjungannya pada 20 Desember 2023, Presiden Jokowi optimistis bahwa pembangunan Hotel Nusantara akan selesai dan siap digunakan pada Agustus 2024. Saat itu, Presiden menyatakan bahwa progres pembangunan telah mencapai 34 persen. Beliau memperkirakan bahwa hotel tersebut akan selesai sebelum Agustus 2024.

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, M. Yusuf Permana, turut mendampingi Presiden dalam kunjungan tersebut.