(Beritadaerah-Nasional) Trade Expo Indonesia (TEI) 2024 yang digelar oleh Kementerian Perdagangan siap meningkatkan transaksi ekspor produk-produk Indonesia melalui pertemuan langsung dengan para pembeli dalam format business to business (B2B). Pernyataan ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Mardyana Listyowati, dalam konferensi pers di ICE-BSD City, Tangerang, pada 17 September 2024.
Mardyana menjelaskan bahwa TEI 2024, yang berlangsung dari 9 hingga 12 Oktober 2024 di BSD Tangerang, bertujuan untuk menghadirkan pembeli dari luar negeri, khususnya dari pasar non-tradisional, guna mendongkrak transaksi ekspor produk Indonesia. TEI tahun ini akan diselenggarakan secara tatap muka, memungkinkan interaksi langsung antara produsen dan pembeli internasional yang diundang oleh perwakilan Indonesia di berbagai negara.
Mengusung tema “Build Strong Connection With The Best of Indonesia,” TEI 2024 bertujuan membangun koneksi yang berkelanjutan antara produsen Indonesia dengan pasar global. Melalui acara ini, diharapkan ekspor Indonesia dapat berkembang di pasar-pasar baru, baik tradisional maupun non-tradisional.
Selama empat hari acara di ICE BSD City, produsen dan pemasok dari seluruh Indonesia akan menampilkan produk-produk berkualitas tinggi. Selain itu, Mardyana menambahkan bahwa acara berskala internasional ini juga akan dihadiri pembeli dari berbagai negara seperti Afrika dan Eropa, yang diharapkan dapat memperluas pasar produk Indonesia ke negara-negara tujuan baru.
Tidak hanya pameran, TEI 2024 juga akan menghadirkan berbagai seminar internasional, sesi business matching, dan misi dagang. Selain itu, Jakarta Muslim Fashion Week 2024 juga akan digelar bersamaan dengan acara tersebut, menambah daya tarik bagi buyer internasional.