Jatim Fest 2024, Pemkab Lamongan Tampilkan 13 UMKM Unggulan

(Beritadaerah-Surabaya) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamongan menampilkan 13 UMKM dengan produk unggulannya di acara Jatim Fest 2024. Jatim Fest digelar di Exhibition Hall Grand City Surabaya, pada tanggal 2 hingga 6 Oktober 2024, pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Lamongan, Kamis (3/10), Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lamongan, Anang Taufik, mengatakan kegiatan pesta rakyat dan investasi  menjadi momentum untuk melebarkan pasar bagi produk unggulan Lamongan.

“Pada kegiatan Jatim Fest 2024 kami mengirim tiga belas UMKM unggulan Lamongan,” tutur Anang.

Selanjutnya Anang menyebutkan tiga belas UMKM terdiri dari komoditas kerajinan dan makanan dan minuman (mamin). Mulai dari UMKM Nyonya Patin, Tikar Ansa, Sambal Pindung, Teh Kelor Cinnamon, Ladu Sing, Jetin Eco Print, Navid Snack, Batik Godhong Eco Print, Soe Art, Tiga Putra, Kirana Food, Tenun Paradila, dan Songkok Al-Maulana.

“Sebelumnya kita menyeleksi dan memaksimalkan ke produk kerajinan unggulan (karena Jatim Fest marketnya cenderung ke arah sana). Sedangkan mamin kita seleksi produk-produk unik, khas, dan unggulan Lamongan,” jelasnya.

Dari tiga belas UMKM tersebut, ada tiga UMKM yang berhasil memasrahkan produknya ke wilayah Timur Tengah (ekspor). Tiga UMKM tersebut ialah Tikar Ansa, Soe Art, dan Tenun Paradila. Pihaknya berharap seluruh UMKM yang ada di Kabupaten Lamongan terus naik kelas. Kemudian memberikan dampak positif pada pertumbuhan ekonomi masyarakat Lamongan.

Jatim Fest 2024 telah resmi dibuka oleh Pj. Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, pada Rabu, 2 Oktober 2024 pukul 19.00 WIB. Acara pembukaan dimeriahkan oleh penampilan live dari Dudy Oris. Selain itu, pengunjung akan disuguhkan berbagai hiburan menarik, seperti konser musik dengan bintang tamu FakeDopp, serta lomba-lomba dan talkshow.