Wamentan dan Badan Informasi Geospasial Bersinergi Wujudkan Swasembada Pangan dengan Teknologi Data Spasial

(Beritadaerah-Jakarta) Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Sudaryono mengajak Badan Informasi Geospasial (BIG) untuk berkolaborasi aktif dalam mendukung program Swasembada Pangan yang diusung oleh Presiden Prabowo Subianto. Program ini bertujuan untuk memastikan kemandirian pangan Indonesia secara berkelanjutan.

Wamentan Sudaryono menegaskan bahwa pemanfaatan data spasial sangat krusial, terutama bagi petani dalam memastikan distribusi pupuk subsidi yang tepat sasaran serta peningkatan produktivitas pertanian. “Data spasial membantu petani dalam mengatasi tantangan seperti distribusi pupuk, dan juga berperan penting dalam meningkatkan hasil pertanian,” ujar Sudaryono pada pertemuan dengan jajaran BIG di Kementerian Pertanian, Rabu (23/10/2024).

Ia juga menekankan bahwa data spasial merupakan fondasi penting dalam mendukung digitalisasi dan mekanisasi pertanian, serta dalam memantau dan mengevaluasi berbagai program pemerintah. Menurutnya, kolaborasi dengan BIG adalah langkah konkret untuk menciptakan solusi berbasis teknologi bagi para petani di seluruh Indonesia.

Kepala BIG, Muh Aris Marfai, menyatakan komitmen penuh BIG untuk mendukung realisasi program swasembada pangan melalui penggunaan data spasial. Ia menjelaskan bahwa analisis spasial memungkinkan identifikasi potensi lahan pertanian baru dan pengelolaan sumber daya air secara lebih efektif, yang akan mempercepat intensifikasi pertanian di Indonesia.