Ilustrasi : Wisatawan Mengunjungi Desa Penglipuran di Bali Sebelum Pandemi COVID-19 (Foto : Kemenparekraf)

Penerapan Tatanan Normal Baru, Industri Pariwisata Bali Menyatakan Siap

(Beritadaerah – Bali) Keberhasilan pemerintah daerah khusus Pemerintah Provinsi Bali bersama komunitas lokal dalam mengendalikan COVID-19, membuat industri pariwisata di Bali optimistis menatap fase baru untuk menjalani tatanan kenormalan baru.

Ada 400 tour operator dan travel agent yang tergabung dalam ASITA Bali sudah menyatakan siap untuk menyambut kenormalan baru pariwisata. Dalam penerapannya semua industri pariwisata di Bali akan lebih mengedepankan protokol kebersihan, kesehatan, dan keamanan sebagai kebutuhan utama wisatawan. Demikian yang disampaikan oleh Ketua Pasar ASEAN dari ASITA Bali Febrina Budiman saat kegiatan “International Webinar Tourism in Indonesia” yang diselenggarakan Kemenparekraf untuk pasar Singapura dan Malaysia, Kamis (4/6).

“Kami sangat optimistis bahwa kami bisa ‘berteman’ dengan COVID-19 atau dengan kata lain kita harus bisa berteman meski kita tidak bisa berteman selamanya,” kata Febrina Budiman dalam siaran pers yang diterima oleh Beritadaerah.co.id, Jumat (5/6).

Pihak ASITA Bali sendiri sudah merancang protokol kebersihan, kesehatan, dan keamanan dan memastikan nantinya akan diterapkan dengan ketat bersama-sama dengan seluruh pemangku kepentingan pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali.

Mulai dari pra-kedatangan wisatawan, saat tiba di bandara dan menuju hotel, saat melakukan aktivitas tur, dan kembali ke bandara untuk penerbangan ke negara asal wisatawan. Dengan kata lain industri sepenuhnya siap memberikan rasa nyaman dan aman serta pengalaman baru bagi wisatawan dalam tatanan kenormalan baru pariwisata.

Sementara itu Deputi Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) Nia Niscaya di kesempatan yang sama mengatakan, sejak awal pemerintah berkomitmen dan menyiapkan langkah-langkah mitigasi dampak COVID-19 terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Termasuk penyiapan protokol tatanan kenormalan baru pariwisata dan ekonomi kreatif kini dengan program Cleanliness, Health, and Safety (CHS) yang melibatkan industri. Kawasan Nusa Dua direncanakan akan menjadi pilot project penerapan program CHS karena lokasinya yang strategis dan merupakan area eksklusif sehingga dapat dengan mudah dilakukan pengawasan. Di Nusa Dua juga lengkap dengan fasilitas pendukung mulai dari akomodasi, amenitas, bahkan rumah sakit berskala internasional.

Handi Fu/Journalist/BD
Editor: Handi Fu