(Foto : Portal Berita Resmi Polri)
(Foto : Portal Berita Resmi Polri)

Operasi Patuh Siwalima 2021 Akan Digelar Oleh Polda Maluku

(Beritadaerah – Maluku) Operasi lalu lintas dengan sandi Patuh Siwalima 2021 akan digelar oleh Kepala Kepolisian Polda Maluku bersama Polres jajaran.

Operasi Patuh Siwalima 2021 akan dilaksanakan selama 14 hari yang bertujuan untuk mewujudkan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban dan Kelancaran Lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

Pada hari Rabu yang lalu, Kabid Humas Polda Maluku Kombes Pol M. Rum Ohoirat mengatakan sesuai surat telegram Kapolri, operasi Patuh akan dilaksanakan mulai tanggal 20 September sampai 3 Oktober 2021.

Digelarnya operasi Patuh Siwalima 2021 ini bertujuan juga untuk menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas (lakalantas) khususnya di provinsi Maluku.

Sasaran operasi ini adalah menyasar segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran dan lakalantas.

“Operasi Patuh Siwalima juga akan menyasar lokasi yang berpotensi terjadi penyebaran covid-19,” ujarnya.

Menurut Kabid Humas Polda Maluku, operasi Patuh yang akan dilaksanakan nantinya lebih mengedepankan kegiatan yang sifatnya edukatif, dan persuasif, serta humanis dalam rangka meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polisi Lalu lintas (Polantas). Kabid Humas Polda Maluku juga menjelaskan tentunya operasi patuh juga akan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Polda Maluku menghimbau, kepada masyarakat agar tetap taat terhadap aturan lalu lintas serta menyiapkan dokumen kendaraan serta dokumen lain yang dibutuhkan seperti SIM, KTP dan lainnya.

Di tengah pandemi covid-19, masyarakat juga diingatkan agar senantiasa disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menjauh dari kerumunan dan mengurangi mobilitas.