Kebaya Sebagai Jati Diri Budaya Bangsa

(Beritadaerah-Nasional) Menurut Bintang Puspayoga Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Kebaya merupakan salah satu kekuatan perempuan untuk membangun kebudayaan dan meningkatkan jati diri bangsa Indonesia.

Dikatakan oleh Menteri PPPA hampir di semua kesempatan perempuan Indonesia menggunakan kebaya, baik acara resmi acara adat dan budaya maupun kegiatan sosial sehari-hari. sesungguhnya busana nasional Kebaya adalah kekuatan  kaum perempuan Indonesia, untuk mempertinggi perannya dalam membangun kebudayaan bangsa dan memuliakan jati diri bangsa.

Karena itu Menteri PPA mengajak perempuan Indonesia dapat saling bahu membahu, bergotong royong, dan bersolidaritas guna mendukung dan melestarikan Kebaya dalam rangka mendorong kemajuan kebudayaan Indonesia di kancah peradaban dunia.

Pemerintah Kota Semarang dan Kebaya Foundation mendapatkan apresiasi oleh Menteri PPA karena telah turut mendukung, memperkuat dan ikut meyakinkan perempuan Indonesia untuk bersama-sama menumbuhkan kebanggaan pada buatan Indonesia.

Menteri PPA mengharapkan seluruh perempuan Indonesia dapat terus bersama-sama mempertahankan kebudayaan dan kearifan lokal, melalui serangkaian proses yang akan membawa manfaat bagi pelestarian dan pembentukan ekosistem budaya, salah satunya adalah kebaya

Pada abad ke-18 hingga abad ke-19, kebaya telah dipakai oleh semua wanita di Indonesia. Kemudian Bung Karno pada era kemerdekaan mencanangkan kebaya sebagai baju nasional Indonesia. Demikian disampaikan oleh Walikota Semarang, Hendrar Prihadi. Karena itu beliau mengajak para perempuan Indonesia untuk dapat kembali mengagungkan dan melestarikan warisan budaya bangsa Indonesia, yaitu busana Kebaya.

Disampaikan juga oleh Ketua Tim Nasional Kebaya, Lana T. Koencoro , Parade Kebaya ini bertujuan untuk menyosialisasikan penggunaan kebaya sebagai warisan budaya Indonesia.

Karena kebaya merupakan warisan bangsa maka sudah sewajarnya semua wajib bekerja sama ikut mempertahankan dan melestarikan kebaya. Visi tim nasional adalah memberdayakan perempuan dalam meningkatkan jati diri budaya bangsa melalui kebaya

Penetapan Hari Kebaya Nasional akan diusukan oleh tim nasional kepada pemerintah dalam upaya pelestarian kebaya. Karena itu, bermacam langkah persiapan terus dilakukan seperti mengajak sebanyak mungkin komunitas untuk ikut bergabung.