Bendungan Beringin Sila Jadi Penyokong Utama Lumbung Pangan Nasional di NTB

(Berita Daerah-Info Daerah) Bendungan Beringin Sila di Desa Tengah, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) dibangun oleh Pemerintah yaitu Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air. Tujuan Bendungan Beringin Sila dibangun untuk memenuhi kebutuhan irigasi dan air baku khususnya di wilayah Kecamatan Utan dan Kecamatan Buer, Kabupaten Sumbawa.

Pembangunan bendungan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) adalah wujud pemerataan pembangunan infrastruktur untuk ketahanan air dan pangan nasional. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan pembangunan bendungan di NTB adalah kunci ketersediaan air, petani yang sebelumnya hanya satu kali tanam setahun, bisa bertambah menjadi 2-3 kali tanam.

Bendungan Beringin Sila ini diharapkan akan menjadi penyokong utama Kabupaten Sumbawa sebagai lumbung pangan nasional di NTB, yang secara teknis memiliki tampungan sebesar 27,46 juta meter kubik (M3) dengan tinggi 80 meter dan panjang 787,58 meter ini akan mampu mengairi sawab ber-irigasi seluas 3.500 Ha dengan suplay air baku mencapai 76 liter/detik.

Selain itu, kehadiran bendungan ini juga untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) sebesar 1,4 MW, reduksi banjir sebesar 90,37 m3/detik dan potensi lain nya sebagai tempat pariwisata, perikanan tangkap, dan tempat konservasi.

Bendungan Beringin Sila dibangun sejak Januari 2019, sesuai keterangan Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I Mataram, Hendra Ahyadi saat ini progres fisik nya sampai 82,20 persen dan ditargetkan rampung bulan Desember 2022.