Sungai

Menyusuri Sungai Batang Toru Sumber Listrik Tapanuli Utara

(Beritadaerah-Kolom) Tarutung adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi, dilalui Sungai Batang Toru, udaranya sejuk dan banyak sumber air panas disana.

Kota kecamatan di Tapanuli Utara ini merupakan kecamatan dengan penduduk yang padat. Setiap sudut kota akan ramai dengan penduduk yang beraktifitas, dan di Tarutung tidak terasa suasana pandemi yang terjadi.

Tarutung merupakan daerah hulu dari Sungai Batang Toru, salah satu potensi yang terdapat di Sumatera Utara adalah sungai Batang Toru, curah hujan yang tinggi di sana merupakan potensi untuk membangun hydropower.

Salah satu lokasi pembangunan hydropower adalah di Kampung Sitapean, Desa Onan Hasang.

Menyusuri sungai Batang Toru adalah pengalaman yang tidak bisa dilupakan. Dekat sungai ini terletak Kampung Sitapean, Desa Onan Hasang, Kecamatan Pahaejulu, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara.

Lokasi ini rencana akan menjadi lokasi bendung yang dapat ditempuh dengan waktu ± 45 menit dari kampung Sitapean. Medan ‐ Tarutung ± 285 km, 7 jam melalui jalan aspal, Tarutung- Sitapean ± 16.1, 60 km menit melalui jalan aspal, Sitapean – Site dam ± 0.95 km, 45 menit melalui jalan setapak.

Untuk pencapaian lokasi rencana hydropower Batang Toru dapat ditempuh melalui Kota Medan dengan kondisi jalan yang relatif baik.

Sungai

Lokasi rencana hydropower Batang Toru mulai dari lokasi Wier, Waterway, Penstock sampai Power House merupakan perbukitan bergelombang rendah sampai terjal yang ditempati oleh batuan volkanik Gunungapi Toru (breksi tufaan) yang tertutupi oleh tanah pelapukan dan endapan koluvial serta pada aliran sungai oleg endapan sungai yang berupa pasir lepas sampai bongkah.

Lokasi rencana hydropower Batang Toru terletak di Kampung Sitapean, Desa Onan Hasang, Kecamatan Pahaejulu, Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara.

Dimana keadaan topografi daerah tersebut sebagian besar berbukit‐bukit dengan ketinggian 300– 2000 meter di atas permukaan laut. Hydropower Batang Toru memanfaatkan daerah aliran sungai Batang Toru sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik. DAS Batang Toru secara geografis memiliki topografi DAS sangat curam. Berdasarkan peta kontur sebagian besar lereng berada pada kemiringan berkisar > 40%. Luas DAS Batang Toru adalah 1,199.775km2 dan panjang sungai 82.42 km.

Kawasan DAS Batang Toru berada di daerah vulkanis aktif, dimana kawasan ini merupakan bagian dari rangkaian Pegunungan Bukit Barisan dan juga merupakan bagian dari Daerah Patahan Besar Sumatera (Great Sumatran Fault Zone) atau dikenal sebagai Sub Patahan Batang Gadis – Batang Angkola – Batang Toco. Patahan ini terus bergerak, sehingga kerap kali menimbukan gempa bumi besar. ]

Kondisi ini menjadikan kawasan ini mempunyai keunikan fenomena geologi berupa sumber‐sumber air panas dan geothermal, juga kaya dengan sumber mineral emas dan perak.

Namun, di sisi lain, kawasan ini termasuk kategori daerah rawan gempa bumi besar yang berpotensi menimbulkan banyak korban jiwa.

Baca juga :Segarnya Aek Raisan Membawa Harapan Listrik Terang Sumatera Utara

Lokasi hydropower Batang Toru berada di Pulau Sumatera tepatnya Sumatera Utara dimana wilayah ini terdapat tiga lempeng tektonik besar aktif yaitu; Lempeng Eurasia, Lempeng Indo‐Australia, dan Lempeng Filipina, menghasilkan kompresi utama terus‐menerus ke arah utara selatan. Batas konvergen dari kedua lempeng membentuk Palung Jawa, juga disebut Palung Sunda. Berdasarkan Peta Zona Seismik untuk perencanaan penentuan beban gempa pada bangunan sipil di Indonesia yang dipublikasikan oleh Litbang Sumber Daya Air tahun 2010 maka koefisien gempa pada lokasi rencana hydropower Batang Toru yang terjadi untuk periode ulang 50 tahun adalah 0.60.

Survey tanah yang dilakukan Martabe Proyek Area (Anon 2003b) menunjukkan bahwa pada beberapa bagian kawasan HBTBB (lokasi: Purnama) dipenuhi oleh tanah ultisolik dalam (>110 cm) dan terdiri dari bentuk tanah struktural/ tektonik termasuk lereng, talus fan (tanah miring berbentuk kipas), alluviocolluvial (tanah endapan pasca hujan), dan tanah curam. Sementara pada daerah lainnya (lokasi: selatan base camp Martabe) terdiri dari tanah inseptisolik dalam (>120 cm) yang terletak di antara dataran‐dataran tanah peneplain (dataran tanah gundul) dan tanah endapan akibat banjir. Berdasarkan batuan geologinya, pada kawasan HBTBB terdapat 15 jenis batuan geologis dan tipe batuan Qvt menjadi dominan, dimana lebih dari 50% luas kawasan memiliki batuan geologis Qvt. Batuan Qvt di sini maksudnya adalah batuan vulkanik Toba Tuffs atau Tufa Toba (batuan polimik bersusun riolit‐dasit, aliran tufa kristal, gelas, debu dengan sedikit tufa eksposif pada bagian atas).

DAS hydropower Batang Toru memiliki luas 1,199.775 km2 dan panjang sungai 82.42 km.

Pada Sungai Batang Toru ini tidak terdapat pencatatan debit aliran sungai yang lengkap, sehingga data debit diperoleh dengan pembangkitan data berdasarkan data curah hujan. Data curah hujan diperoleh dari 3 stasiun penakar hujan terdekat yaitu Penakar Hujan Dolok Sanggul, Stasiun Penakar Hujan Adian Koting, dan Stasiun Penakar Hujan Phae Jae, dengan ketersediaan data selama 27 tahun (1983 s/d 2009). Debit pemeliharaan atau aliran ekologi (ecological flow) merupakan aliran air yang diperlukan untuk menjamin keberadaan habitat biota akuatik di sungai. Berdasarkan analisa hidrologi, referensi dari Teori Montana dan dikontrol menggunakan referensi dari PLTA Asahan‐3 yang didesain oleh Nippon Koei, maka besarnya aliran ekologi untuk hydropower Batang Toru direncanakan sebesar 3.694 m3/detik.

Baca juga :Penyederhanaan Regulasi Investasi Hydropower Tantangan Bagi Indonesia

Untuk mendapatkan kapasitas terpasang untuk hydropower Batang Toru sebesar 10.00 MW, maka dengan tinggi jatuh sebesar 61.11 m digunakan debit rencana (Q install cap.) sebesar 21.177 m3/dt.

Proyek ini dapat menerangi desa sekitarnya dan menumbuhkan produktifitas asyarakat juga kebutuhan industri di masa depan.

Manfaat atau benefit bagi investor dari pekerjaan pembangunan hydropower Batang Toru berasal dari manfaat energi listrik yang dibangkitkan atau dihasilkan dengan harga jual listrik, dimana ditinjau pada harga jual (tarif ) sebesar Rp. 787.20,‐/Kwh dengan umur ekonomi rencana diperkirakan 30 tahun.

Batang Toru dibalik keindahannya memberikan keajaiban terang listrik yang dibangkitkan dari aliran sungai. Bentangan sungai ini selebar limapuluh meter dan akan memberikan energi listrik hingga 50 MW dan bisa dialirkan menuju Sarulla, yang alirannya melintang dekat dengan jalan nasional lintas Sumatera. Jumlah ini merupakan bagian dari dukungan energi terbarukan untuk mengubah kekuatan listrik Indonesia menjadi listrik yang tidak lagi menggunakan energi fosil namun menggunakan sungai Batang Toru yang sangat deras. Kesiapan untuk membangunnya sedang berjalan dan membutuhkan pembiayaan yang tidak sedikit. Kalkulasi sederhana mencapai 2,4 juta dollar Amerika per megawatt. Dengan penawaran PLN kepada sektor swasta untuk mengoperasikannya sekarang dimanfaatkan agar semuanya itu bisa berjalan. Peran lembaga keuangan tentulah sangat penting untuk dilakukan, sebab pembangunan seperti ini masih sedikit yang bisa dijadikan benchmark. Namun kalkulasi sederhananya proyek seperti ini akan menguntungkan, tidak merusak lingkungan dan membawa banyak kemajuan bagi daerah.