(Beritadaerah-Nasional) Volume pelanggan Kereta Api Jarak Jauh pada Semester I 2022 yaitu 119,8 juta pelanggan, naik 42% dibanding Semester I 2021 sebanyak 84,1 juta pelanggan berdasarkan catatan PT. Kereta Api Indonesia (Persero). Volume pelanggan pada Semester I 2022 ini didominasi oleh pelanggan KRL di wilayah Jabodetabek dimana jumlahnya mencapai 89,9 juta pelanggan. Kenaikan ini ditunjang oleh meredanya pandemi Covid-19, tingkat vaksinasi yang semakin membaik, dan relaksasi persyaratan perjalanan di awal tahun 2022.
VP Public Relations KAI Joni Martinus sampaikan bahwa kinerja angkutan penumpang KAI grup pada Semester I 2022 mengalami recovery yang signifikan. Tren positif ini menunjukkan mulai meningkatnya mobilitas masyarakat serta meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap angkutan kereta api.
KAI juga terus memperluas layanan dengan mengoperasikan kembali jalur KA Garut – Cibatu pada 24 Maret 2022. Jalur Garut – Cibatu dibuka pertama kali pada tahun 1889 dan berhenti beroperasi pada tahun 1983. Dalam reaktivasi jalur sepanjang 19 km tersebut, juga dioperasikan kembali 3 stasiun yaitu Stasiun Garut, Wanaraja, dan Pasirjengkol.
Untuk mengajak masyarakat menggunakan kereta api, KAI menyelenggarakan 2 event promo tiket yaitu KAI Access Online Travel Fair pada 27 s.d 29 Maret 2022 dan KAI Access Ramadan Festive 2022 pada 19-21 April 2022. Total sebanyak 82 ribu tiket dengan potongan harga khusus KAI hadirkan bagi pelanggan untuk kedua event promo tersebut.
Dalam rangka peningkatan pelayanan terhadap pelanggan, KAI terus berkolaborasi dengan berbagai pihak. Pada 2 Februari 2022, KAI bekerja sama dengan Perum DAMRI untuk menghadirkan layanan antarmoda Kereta Api Jarak Jauh dengan Bus DAMRI. Pelanggan KA Jarak Jauh dapat memesan tiket Bus DAMRI untuk menuju stasiun keberangkatan maupun dari stasiun kedatangan ke tujuan yang diinginkan melalui aplikasi KAI Access.
KAI selalu konsisten mematuhi aturan pemerintah terkait perjalanan menggunakan kereta api di tengah regulasi transportasi kereta api di tengah pandemi sangat dinamis. Mulai 17 Juli 2022, KAI menerapkan aturan yang menyesuaikan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 72 Tahun 2022. Dalam rangka peningkatan pelayanan kepada pelanggan di masa pandemi, KAI juga menghadirkan layanan vaksinasi gratis di berbagai stasiun.
Skema KPBU Menjadi Alternatif Pembiayaan Pembangunan Infrastruktur