Bangkitkan UMKM, Pemkab Kudus Gandeng Bank Jateng

(Beritadaerah – Kudus) Program corporate social responsibility (CSR) yang dilaksanakan oleh Bank Jateng Cabang Kudus dengan memberikan bantuan peralatan usaha kepada 30 orang pelaku UMKM klaster logam. Bantuan yang diterima UMKM berupa mesin bor duduk.

Dalam penyerahan bantuan tersebut, Bupati Kudus Hartopo menyampaikan, pihaknya berkomitmen memacu pertumbuhan UMKM lokal. Terlebih, setelah adanya pandemi COVID-19 yang turut berdampak pada perekonomian daerah.

Terkait dengan hal tersebut, maka Bupati Kudus menjelaskan pihaknya menggandeng Bank Jateng melalui program CSR, untuk kembali membangkitkan UMKM Kudus.

“Inilah saatnya kita bangkit dari pandemi,” kata Bupati yang dikutip laman Jatengprov, Minggu (31/7).

Bupati Kudus juga memberikan apresiasi kepada pihak Bank Jateng yang peduli terhadap pengembangan UMKM di Kudus. Menurutnya, dengan adanya program dan pengembangan UMKM tersebut, baik dari dinas terkait, maupun CSR, dapat menuai hasil positif, sehingga perekonomian mulai tumbuh. Dirinya optimistis, pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Kudus meningkat.

Terakhir, Bupati Kudus juga berharap dengan bantuan ini, maka UMKM Kudus dapat kembali bangkit. Selain itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus telah membentuk petugas untuk melakukan verifikasi penerima bantuan. Sehingga, fasilitas yang diberikan dapat tepat sasaran.

Sebelumnya Bank Jateng dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dalam hal ini Dinas Koperasi UMKM Jawa Tengah bekerja sama menggelar UKM Virtual Expo (UVO) pada April 2022. Acara ini dihelat secara hybrid. Para peserta luring (luar jaringan/offline), yakni 50 UKM unggulan Jateng memamerkan produk-produknya di stan yang ada di halaman Kantor Pemprov Jateng.

UKM unggulan yang dipamerkan antara lain fesyen, kerajinan tangan, panganan ringan, kuliner khas Jateng hingga kuliner sehat produksi Jateng. Sementara untuk peserta UKM daring (dalam jaringan/online) bisa mengakses www.ukmvirtualexpo.com.

Bank Jateng melihat UKM merupakan pilar penting perekonomian Indonesia, potensinya sangat besar. Oleh karena itu Bank Jateng ikut membantu dalam permodalan UKM melalui Kredit Mitra Jateng, Kredit Milenial, hingga Kredit Lapak

Sedang perkembangan Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Jawa Tengah sangat tinggi seperti yang diraih Bank Jateng sebagai Bank Pembangunan Daerah, bahkan Jateng menjadi penyalur KUR tertinggi di Indonesia.