Jokowi
Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, pada Selasa, 16 Agustus 2022. Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev

Pakai Busana Adat Bangka Belitung, Jokowi Tunjukkan Simbol Akulturasi Budaya

(Beritadaerah-Nasional) Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Gedung DPR RI untuk menghadiri Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Gabungan DPR RI – DPD RI, Rapat Paripurna DPR RI, pada Selasa, 16 Agustus. Jokowi tiba sekitar pukul 08.58 WIB dengan mengenakan pakaian hijau Pakaian adat Bangka Belitung.

Jokowi juga mengenakan masker berwarna cokelat, sedangkan istrinya Iriana Jokowi nampak anggun mengenakan kebaya dominan warna pink.

Untuk diketahui, tamu undangan akan hadir 100 persen secara fisik. Tamu istimewa yang akan hadir antara lain mantan Presiden, Wakil Presiden serta ketua umum partai politik, duta besar, dan 103 perwakilan negara asing.

Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar Indra menjelaskan, pada Sidang Tahunan 2022, tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, selain itu juga akan menerapkan prosedur khusus untuk menjaga keamanan dan pengawasan selama ini. sidang.

Pakaian adat Bangka Belitung merupakan pakaian adat khas yang digunakan oleh masyarakat Bangka Belitung dengan perpaduan 2 budaya yaitu Arab dan Cina.

Seorang saudagar Arab di mulanya berdagang di daerah Bangka Belitung. Bangka Belitung pada zaman dahulu sebagai tempat transaksi perdagangan yang sangat strategis.

Pakaian adat Bangka Belitung masih dipadukan dengan corak atau motif dari budaya lokal yaitu berupa budaya Bangka Belitung meskipun menggunakan akulturasi Arab dan Cina.

Pakaian adat tersebut berwarna dominan hijau dan memiliki motif “pucuk rebung”. Motif tersebut melambangkan kerukunan, sementara warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan.

Baca juga :Pidato Kenegaraan, Presiden Jokowi Kenakan Busana Adat “Pucuk Rebung” Bangka Belitung

Kebiasaan memakai pakaian adat saat menghadiri sidang tahunan MPR sudah menjadi kebiasaan Jokowi setiap tahun. Pada tahun 2017 Jokowi mengenakan pakaian adat Bugis berupa baju adat lengkap dengan kopiah warna emas atau disebut songkok Ta Bone. Kemudian pada tahun 2019 ini kepala negara mengenakan pakaian adat Sasak dari Nusa Tenggara Barat (NTB).

Jokowi

Kemudian pada tahun 2020 presiden mengenakan pakaian adat Sabu Raijua dari Nusa Tenggara Timur (NTT). Pada tahun 2021, Jokowi akan menghadiri sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Indonesia (MPR) 2021 dengan mengenakan pakaian adat urang Kanakes dari suku Badui.