Pemda Kabupaten Belu Meresmikan SP2D Online Dan Taman Simpang Lima

(Berita Daerah-Info Daerah) Pemerintah Daerah Kabupaten Belu terus melakukan perubahan supaya menjadi Kabupaten yang sehat, berkarakter dan kompetitif. Pemda setempat yaitu Bupati Belu dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM dan dan Wakil Bupati Belu – Drs. Aloysius Heleserens, MM membangun sistem keuangan pemerintah daerah, sistem perbankan dan pajak melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Belu bersama Bank NTT Cabang Atambua. Dengan inovasi yang digunakan aplikasi singkron sebagai media digitalisasi dokumen pencairan dan aplikasi SP2D online berbasis CMS Bank NTT.

Kabupaten Belu menjadi kabupaten pertama di NTT alam proses pencairan keuangan berbasis online diterapkan digitalisasi dalam mengelola keuangan saat ini. Hal ini dijelaskan Bupati Belu  dr. Taolin Agustinus, Sp.PD-KGEH, FINASIM sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.

Lanjutnya, digitalisasi dalam pengelolaan keuangan saat ini, merupakan keharusan mengikuti perkembangan teknologi informasi. Dengan ini tata kelola dan inovasi di bidang keuangan yang transparan, akuntabel dan efisien dalam waktu yang relatif singkat diciptakan oleh Pemerintah Kabupaten Belu dalam hal ini Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah sebagai unit pengelola keuangan daerah.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan, dibutuhkan Sumber Daya Manusia yang handal dan waktu yang luar biasa dalam proses pencairan SP2D berbasis online. Kepada semua pihak yang sudah aktif berpartisipasi

Bupati Belu juga menyampaikan, proses pencairan SP2D berbasis online membutuhkan Sumber Daya Manusia yang handal dan waktu yang luar biasa. Oleh karena itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi secara aktif sehingga seluruh proses SP2D berjalan lancar. Kepada BPKP pusat dan provinsi serta seluruh tenaga teknis, pimpinan OPD dalam hal ini Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Belu atas usaha dan jerih payah dalam bekerja. Dan diharapkan pekerjaan-pekerjaan dapat ditingkatkan dengan inovasi-inovasi dalam pelayanan untuk kemajuan Kabupaten Belu.

Pada kesempatan itu launching SP2D juga diresmikan Taman Simpang Lima Atambua yang ditandai dengan penekanan tombol oleh Bupati Belu, Wakil Bupati Belu, Ketua TP PKK Kabupaten Belu dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Belu secara bersama-sama yang berlangsung di halaman Simpang Lima Atambua.

Hadir dalam peresmian tersebut Ketua DPRD Kabupaten Belu Jeremias Manek Seran Junior, Wakil Bupati Belu – Drs. Aloysius Haleserens, MM, Sekretaris Daerah Kabupaten Belu  Johanes Andes Prihatin, SE, M.Si, Tim Teknis dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI dan BPKP perwakilan NTT, perwakilan Bank Indonesia NTT, Pimpinan Bank NTT Cabang Atambua, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Belu, Forkopimda Kabupaten Belu dan Pimpinan Instansi Vertikal.