Warung Sate Bunul Paino, Kuliner Legendaris di Kota Malang

Kota Malang di Jawa Timur memang terkenal dengan bermacam kulinernya. Salah satu kuliner legendaris yang patut disantap bila ke Malang yakni Sate Paino Bunul.

Warung Sate Paino Bunul berdiri sejak tahun 1973. Dulunya, Paino menjual sate di gerobak bersama kedua orang temannya di perempatan Jalan Kaliurang, sebelum akhirnya pindah ke lokasi sekarang hingga saat ini. Alamat lengkapnya Jalan Hamid Rusdi Timur IV No. 313, Malang.

Saat ini, warung ini dikelola oleh anak lelakinya yang bernama Dori bersama dengan istrinya. Meneruskan usaha bapaknya, Dori tetap mempertahankan kualitas penjualan yang dirintis kedua orang tuanya, Dori berusaha untuk mengembangkan usaha satenya menjadi lebih besar lagi.

Dahulu, menu yang dijajakan oleh Paino hanya sebatas sate dan gulai kambing. Akan tetapi, kini menu di warung sate ini sudah bertambah, mulai dari sate ayam, tongseng, nasi goreng kambing, nasi lalapan kambing, bahkan hingga gulai kepala kambing.

Seporsi sate kambing, terdiri dari 10 tusuk sate yang disajikan bersama dengan bumbu kacang. Pengunjung juga bisa memesan bumbu kecap jika menginginkannya.

Berbeda dengan warung sate lain yang menyajikan sambal cabai biasa sebagai pendamping, di warung ini sambal yang disajikan adalah sambal kecap yang merupakan hasil gilingan cabai yang langsung dicampur dengan kecap manis. Untuk harga cukup bersahabat yakni satu porsi sate kambing dibanderol Rp 40.000. Sedangkan untuk menu lain berkisar mulai dari Rp 22.000.

Foto: Pemprov Jatim