Presiden Joko Widodo Di Kabupaten Gresik, Jawa Timur

(Berita Daerah-Info Daerah)  Presiden Jokowi hari ini berada di Kabupaten Gresik, Jawa Timur di empat kecamatan sudah dilakukan penanaman mangga di kurang lebih total 1.000 hektare yang diharapkan sebagai food estate milik rakyat, ada yang milik swasta diintegrasikan dengan embung yang dibangun disini dan masyarakat bisa dapat.  Dan diharapkan produktivitas pertanian di Gresik akan ditingkatkan dengan adanya integrasi lumbung pangan dan sistem irigasi.

Tanaman mangga di lumbung pangan dalam tiga tahun ke depan oleh Presiden diperkirakan kita dapat memanen untuk kebutuhan pasar, baik domestik maupun ekspor.  Karena banyak permintaan negara-negara lain keTimur Tengah, ke Cina, ke Jepang, ke Eropa.

Kemudian kita akan mengembangkan lumbung pangan di wilayah lain yang serupa di Gresik, di kabupaten lain yang kondisi lahan marginal yang dimiliki kira-kira cocok untuk mangga.  Presiden meminta agar mengelola lumbung pangan dengan kontrol kualitas yang juga baik.

Kesempatan ini  juga diluncurkan Program  Taksi Alsintan oleh Kepala Negara dengan tujuan pemulihan ekonomi di sektor pertanian bersama hadirnya teknologi pertanian di tengah-tengah petani.

Taksi Alsintan adalah program yang menyediakan alat dan mesin pertanian (alsintan) secara mandiri oleh pelaku usaha di sektor pertanian dengan memberi subsidi bunga dari pemerintah melalui fasilitas bantuan kredit usaha rakyat (KUR).