Peluang Investasi di Kabupaten Toba, Sumatera Utara

(Beritadaerah – Medan) Bupati Toba, Poltak Sitorus memberikan paparannya terkait dengan peluang investasi dihadapan Konsulat Jenderal (Konjen) sejumlah negara sahabat yang berada di Medan. Hadir para Konjen yang mendengar paparan peluang investasi dari Bupati Poltak Sitorus ini adalah, Dr. Edmund Chia (Singapura), Mr. Aiyub bin Omar (Malaysia), Mr. Zhang Min (Republik Rakyat Tiongkok), Konsul Bidang Perdagangan Mr. Xu Qiyi, Mr. Amit Sharma (India), Mr. Suzuki Yushi (Assistant Section OfficerKonjen Jepang/Deputi Konjen), Mr. Ony Hindra Kusuma(Konsulat Kehormatan Belanda), Mr. Daniel Adhiyaksa Darmadi, M. Eng (Konsulat Kehormatan Jerman) dan Mr. Irawan (Konsulat Kehormatan Timor Leste).

Turut hadir juga sejumlah pejabat dari Bank Indonesia, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.
Kemudian pejabat Pemkab Toba yaitu Pj.Sekdakab Augus Sitorus, Kadis Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan Requel Hasadaan, Plt.Bappelitbangda Sofyan Sitorus, Plt.Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Rusti Hutapea, Plt.Kadis Perindagkop Salomo Simanjuntak, Plt.Kominfo Sesmon TB Butarbutar, dan Kabag Protokol Komunikasi Pimpinan Try Sutrisno P. Samosir.

Saat menyampaikan paparannya dalam bahasa Inggris yang digelar di The Kaldera Toba Nomadic Escape, Desa Pardamean Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Jumat (26/8), Bupati Poltak menjelaskan peluang investasi di Danau Toba.

Setelah ditetapkannya Danau Toba sebagai salah satu dari 5 destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia, ini peluang besar untuk mengembangkan Kabupaten Toba, salah satu kabupaten di kawasan Danau Toba sebagai objek wisata berstandar internasional. Untuk mendukung ini, dibutuhkan investasi di rumah sakit, resort, restoran, cafe, pertanian, Pembangkit Listrik Tenaga Surya, Pembangkit Listrik Tenaga Air dan tenaga mikrohidro.

Dikutip laman Pemkab Toba, Senin (29/8), Bupati Poltak Sitorus menambahkan Kabupaten Toba adalah salah satu kabupaten di sekitar Danau Toba yang merupakan kawasan strategis yang didukung dengan alam yang indah, seperti Danau Toba, sungai, gunung yang dikombinasikan dengan budaya etnis untuk kunjungan wisata.

Danau Toba terbentuk oleh erupsi Gunung Toba, supervolcano, yang terjadi antara 69.000 dan 77.000 tahun lalu di wilayah Toba, Sumatera Utara, Indonesia. Erupsi besar itu menciptakan kaldera besar yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba.

Kabupaten Toba memiliki keunggulan dalam investasi, yaitu Kabupaten Toba dapat diakses melalui tiga bandara, Silangit, Sibisa dan Kuala Namu. Dari Medan ke Danau Toba hanya 2 jam perjalanan dengan mobil setelah selesainya jalan tol pada tahun 2024.

Kemudian kabupaten ini memiliki sumber daya alam utama seperti kopi, jagung dan beras. Tersedia kawasan pariwisata terpadu Lumbanpea, Tambunansekitar 58 Ha, dekat kota Balige .

Terakhir, Bupati Poltak menyampaikan hal sederhana dan mudah mendapatkan ijin melalui OSS RBA (online single submission – risk based approach) berdasarkan peraturan pemerintah.