Ketahanan Pangan TNI AL
InfoPublik.com

Penanaman Jagung Serentak Dalam Rangka Ketahanan Pangan TNI AL

(Beritadaerah – Dumai) Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Pemko Dumai, H. Syarinaldi, M. Si turut serta hadir dalam  acara Penanaman Jagung Serentak di Seluruh Indonesia dalam rangka Ketahanan Pangan TNI Angkatan Laut (AL) bertempat di Lanal Dumai Jl. Yos Sudarso Kel. Buluh Kasap Jumat (9/9/2022).

Wakil Kepala Staf TNI AL Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono. SE. M.M menyampaikan dalam video conference, sekarang   ini kondisi dunia menyebabkan kelangkaan pangan dan pemerintah mengurangi ekspor pangan Gandum.

“Oleh sebab itu, momentum ini membuat  TNI AL melakukan  kegiatan penanaman jagung serentak seluruh Indonesia yang harapannya menjadi inpirasi bersama dalam menggunakan ketahanan pangan dan program ini bisa berlanjut dengan bekerja sama dengan seluruh pihak agar supaya  program ini dapat   bermanfaat bagi masyarakat secara luas,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia, Harvick Hasnul Qolbi juga menyampaikan, saat ini Kementerian Pertanian melakukan kerja sama dengan TNI mengenai  ketahanan pangan.

“Ini adalah   prestasi bagi kita semua, dalam situasi bagaimana pun juga kita harus bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat, untuk  menjadi regulator bagi pertanian dan peternakan, dengan harapan bisa mengakselerasi kegiatan pertanian yang menjadi sandaran pangan dunia.

Menurut beliau,   kita mempunyai sumber daya alam yang cukup  luas dan sumber daya manusia yang unggul dalam bertani dan berkebun. Ini tentu saja sangat luar biasa untuk  melaksanakan kegiatan ketahanan pangan.

“Harapan kita ada pendampingan dari TNI agar anak-anak muda bisa mempunyai keinginan dan kemampuan untuk kegiatan pertanian. Semoga ke depannya bukan ketahanan pangan saja yang tercapai namun kedaulatan pangan juga bisa tercapai,” tegasnya.

Dalam acara tersebut, tampak hadir Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Stanley Lekahena, M. Tr. Hanla, Dandim 0320/Dumai Letkol Arh Hermansyah Tarigan, SE, Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, SH.S.I.K,  Dansat Radar 232/Dumai Letkol Lek M. Fatahilah, Palaksa Lanal Dumai Letkol Laut (P) Priatno, Danden Rudal 004 Dumai Mayor arh Risna Guntar perdana, S.I.P, Ketua Cabang 4 Korcab I Jalasenatri Lanal Dumai Ny. Sandra Stanley, Sekretaris Dinas Pertanian kota Dumai Hazizah, serta Kasi Lurah Buluh Kasap Sujono