Pemerintah Dorong Ekspor Produk Bahan Alami Indonesia ke Pasar Eropa

(Beritadaerah – Jakarta) Dalam upaya meningkatkan ekspor produk Indonesia ke pasar internasional, Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menjalin kerja sama dengan Pusat Promosi Impor Negara Berkembang (Centrum tot Bevordering van de Import uit Ontwikkelingslanden/CBI) yang merupakan lembaga di bawah Kementerian Luar Negeri Belanda.

Sekilas informasi mengenai CBI Belanda yang merupakan lembaga pemerintah Belanda yang mendapatkan mandat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan, dan inklusif di negara-negara berkembang yang menjadi mitra melalui promosi ekspor dari negara dimaksud ke pasar Eropa, termasuk Belanda.

Langkah tersebut untuk mendorong ekspor produk bahan alami, seperti ekstrak rumput laut, minyak esensial, dan ekstrak tumbuhan sebagai bahan untuk suplemen makan dan kosmetikke pasar Eropa. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan dan Akses Industri Internasional (Dirjen KPAII) Kemenperin, Eko S.A Cahyanto, di Jakarta, Rabu (21/9).

“Keanekaragaman produk bahan alami (natural ingredients) yang dikombinasikan dengan kemampuan produksi dapat memberikan peluang untuk memenuhi permintaan global. Karena itu, Indonesia perlu meningkatkan  pengembangan ke pasar internasional dan harus memposisikan diri sebagai produsen natural ingredients terpercaya di dunia,” kata Eko yang dikutip laman Infopublik, Kamis (22/9).

Dirjen KPAII menyampaikan, sebagai upaya mendukung upaya ekspor produk berbahan alami ke pasar Eropa, Kemenperin juga memfasilitasi penyelenggaran empat rangkaian pelatihan bisnis ekspor bersama dengan CBI Belanda, terutama terkait dengan membangun citra unik atau branding produk-produk tersebut. Pelatihan dihadiri oleh perwakilan Kemeterian dan Lembaga, Asosiasi, serta para pelaku industri.

Pada pelatihan pertama, dibahas mengenai Baseline Definition, kedua mengenai Brand Positioning, ketiga mengenai Brand Creation, dan keempat mengenai Tool Validation. Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pelaku usaha produk berbahan alami mengenai potensi pengembangan akses ke pasar Eropa. Selain produk bahan alami, Kemenperin dan CBI Belanda juga bekerja sama meningkatkan ekspor produk home decoration ke pasar Eropa.