Desa Palakahembi, Kabupaten Sumba Timur Dibangun Tambak Udang

Desa Palakahembi, Kabupaten Sumba Timur Dibangun Tambak Udang

(Beritadaerah – Sumba Timur) Desa Palakahembi, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur dikunjungi oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono, Kunjungan dilakukan untuk menjajaki rencana pembangunan tambak udang modern di desa tersebut.

Diterangkan oleh Menteri Trenggono rencana pembangunan tambak udang modern di wilayah tersebut untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat dan serta menghadirkan distribusi ekonomi di wilayah timur Indonesia.

Rencana membuat modelling tujuannya rencana pembangunan tambak udang modern di wilayah tersebut untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat dan serta menghadirkan distribusi ekonomi di wilayah timur Indonesia.

Peninjauan calon lokasi pengembangan budidaya udang berbasis kawasan bersama Bupati Sumba Timur Khristopel Praing. Terdapat lahan potensial sekitar 1.800 hektare yang bisa dikembangkan sebagai lokasi pengembangan budidaya udang dilakukan oleh Menteri Trenggono.

Pengembangan budidaya udang di Sumba Timur  guna mendukung capaian target produksi udang nasional sebanyak 2 juta ton pada 2024. Udang memiliki peluang ekspor yang sangat besar dengan nilai pasar dunia sekitar USD28 miliar pada tahun 2021.

Pengembangan yang disesuaikan dengan kemanfaatan dan kemampuan atau kompetensi yang dimiliki daerah itu agar bisa meningkat dengan baik. Ini salah satu yang menjadi pemikiran kita semua di pemerintahan.

Dipastikan oleh Menteri Trenggono jika terealisasi, pembangunan nantinya mengutamakan tenaga kerja lokal dan mengedepankan prinsip keberlanjutan bagi lingkungan dan usaha. Selain dengan pemda, pembangunan akan melibatkan pihak profesional agar prinsip keberlanjutan tercapai dengan baik.

Jika pembangunan sesuai potensi rencana, maka tidak kurang dari Rp 3 T yang dapat dihasilkan dalam 1 tahun dan tenaga kerja yang dibutuhkan bisa mencapai 5.000 orang. Untuk tenaga kerja, mutlak dan harus mengutamakan tenaga kerja lokal.