SUMUT Tempat Lahir Media Legendaris dan Wartawan Pejuang

SUMUT Tempat Lahir Media Legendaris dan Wartawan Pejuang

(Berita Daerah – Medan) Dalam sejarah pers Indonesia Provinsi Sumatra Utara (Sumut) menjadi bagian penting karena tempat dilahirkan media legendaris dan wartawan pejuang.

Ketua Umum Persatuan Wartawan Inronesia (PWI) Pusat, Atal S Depari mengatakannya dalam samputannya pada Acara Puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Kota Medan, Sumut.

Provinsi Sumut lahir para para pelopor pers Indonesia, lahir media-media yang legendaris, lahir para wartawan pejuang yang menghidupkan perjalanan pers Indoensia sampai saat ini.

Ketua Umum PWI Pusat mengatakan, pihaknya telah melaksanakan napak tilas perjalanan sejarah pers nasional dari Provinsi Sumut.

Akhir napak tilas ini, sebagian anggota PWI yang hadir di HPN 2023 akan mengunjungi Danau Toba untuk mendukung sebagai andalan sektor pariwisata provinsi ini.

Momentum acara puncak HPN 2023 di Sumut juga akan membangkitkan ekonomi lokal, terutama di Kota Medan.

Para delegasi pers yang hadir dari penjuru Tanah Air juga menikmati kuliner dan berbelanja oleh-oleh setempat.

Bersyukur HPN membangkitkan ekonomi lokal. Kemarin malam mencium aroma durian, ternyata pesta durian dalam beberapa hari ini merata mulai wartawan, tamu negara, pejabat bahkan Presiden Jokowi menikmati durian. Jadi pesertanya (HPN) bukan hanya orang pers, tapi juga rakyat yang menjadi tuan rumah HPN demikian dijelaskan Ketua Umum PWI Pusat.

Dukungan penuh penyelenggaraan HPN 2023 oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, khususnya Wali Kota Medan karena ikut memeriahkan HPN dengan berbagai acara atau keguatan, mulai dari yang bersifat edukatif hingga hiburan.

Toal ada 40 kegiatan yang dilaksanakan selama penyelenggaraan HPN yang digelar selama enam hari, yakni pada 6-12 Februari 2023.

HPN sumut dimeriahkan berbagai acara dan kegiatan ada yang bersifat edukatif, peningkatan ekonomi daerah hingga hiburan. total lebih 40 kegiatan

Acara ini dihadiri Presiden Joko Widodo, Ketua DPR RI, Ketua DPD RI, Sejumlah Menteri Kabinet, Panglima TNI, Kapolri, Gubernur Sumatra Utara, Ketua Dewan Pers, hingga perwakilan anggota PWI dari seluruh Tanah Air.