Peranan TNI Dalam Pemulihan Ekonomi Indonesia

Peranan TNI Dalam Pemulihan Ekonomi Indonesia

(Berita Daerah – Nasional) TNI memiliki peran penting dalam menjaga pertahanan dan  keamanan Republik Indonesia demikian dikatakan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, juga dapat diandalkan pada saat situasi luar biasa seperti pandemi.  Momentum pemulihan ekonomi Indonesia yang relatif terjaga juga terdapat peran TNI di dalamnya.

Menteri Keuangan pada acara Rapat Pimpinan TNI Tahun 2023 mengatakan suatu negara tanpa memiliki TNI yang kuat, tentara yang kuat, yang berfungsi sesuai dengan mandat undang-undangnya yaitu menjaga kedaulatan rakyat, mempertahankan keutuhan, melindungi segenap bangsa dan negara serta tumpah darah, maka negara tersebut menjadi rapuh dan negara yang rapuh tidak akan mampu untuk membangun ekonominya dan kesejahteraannya

TNI jelas memiliki peranan penting untuk menjaga kedaulatan dan keamanan, serta perlindungan kepada seluruh masyarakat. Tantangan ini tentu harus dipahami untuk direspon secara baik.

APBN untuk 2023 akan menjaga bagaimana fondasi ekonomi Indonesia makin baik, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, infrastruktur, serta instansi-instansi yang memiliki peranan yang begitu penting.

ketegangan geopolitik itu memerlukan respon dan analisa yang dalam untuk meredam dampaknya terhadap Indonesia. Peranan TNI menjadi sangat luar biasa penting. Menkeu menyampaikan dukungannya melalui alokasi anggaran APBN untuk mendukung berbagai operasi maupun pembinaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, termasuk dari sisi peralatannya.

Anggaran terus didukung meningkat, dengan berharap dari sisi kemampuan penyerapan anggaran apakah ini dipakai untuk kesejahteraan prajurit, operasi dan Latihan, maintenance, untuk membantu atau membeli alat-alat baru, itu adalah TNI yang akan menetapkan bagaimana strateginya. Dari sisi pembiayaannya akan didukung dan sekarang ini pembiayaannya sudah cukup sophisticated. Demikian ditegaskan oleh Menkeu.

Diketahui saat ini  Pemerintah mengalokasikan anggaran yang besar bagi Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dalam APBN tahun anggaran 2023.

Dengan demikian diharapkan penggunaan anggaran untuk memperkuat angkatan darat, angkatan laut, angkatan udara dari sisi mulai dari peralatan hingga sofistikasi dari institusinya karena tantangan dari geopolitik ini makin sophisticated.

Dukungan, sinergi, dan kerjasama antara Kementerian Keuangan dengan TNI dalam rangka mengelola keuangan negara, termasuk di dalamnya dalam mengawal penerimaan negara,

Ini merupakan tugas bersama menjaga Indonesia dan akan senang untuk terus bersinergi dengan TNI di dalam menjaga Indonesia demikian Menkeu mengatakan.