(Photo: BPMI Setpres)

Presiden Menilai Pelayanan Media Center KTT ke-42 ASEAN Sudah Optimal dan Bagus

(Beritadaerah-Labuan Bajo) Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai, pelayanan dan fasilitas di Media Center KTT ke-42 ASEAN 2023 sudah optimal, baik dan bagus. Sehingga, para jurnalis atau wartawan dari berbagai negara dapat melakukan kegiatan peliputan dengan nyaman selama berjalannya KTT dari mulai 9-11 Mei 2023.

“Presiden bilang baik dan bagus terhadap pelayanan yang diberikan media center,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong kepada InfoPublik.id pada Selasa (9/5/2023).

Keberadaan media center, lanjut Usman, merupakan hasil kerja keras banyak pihak dengan Kementerian Kominfo sebagai leader-nya dalam membangun untuk membantu aktivitas reportase yang dilakukan oleh para jurnalis yang hadir meliput ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo itu.

Dengan begitu, informasi yang berkaitan dengan hasil KTT ASEAN dapat disampaikan secara luas kepada masyarakat di seluruh penjuru kawasan ASEAn dan dunia.

Terlebih lagi, jaringan internet yang disediakan di media center sangat berkualitas untuk menunjang penuh kegiatan reportase yang dilakukan oleh jurnalis dari berbagai negara.

“Sudah maksimal yang sudah kita lakukan,” kata Usman.

Adanya pelayanan tersebut, Dirjen IKP meminta para jurnalis dapat memanfaatkannya secara maksimal guna menunjang seluruh aktivitas peliputan dan pelaporan hasilnya.

“Kami harap seluruh jurnalis bisa fokus bekerja begitu ya. Nggak usah mikirin jaringan internet. Bahkan, laptop sudah disiapkan,” tutur Usman.

Sesaat sebelumnya, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong turut mendampingi Presiden Jokowi berkunjung ke media center. Ada tiga ruangan yang dikunjungi Presiden Jokowi yakni ruangan konferensi pers, working space, dan tempat makan wartawan.

Diketahui, fasilitas infrastruktur digital dan telekomunikasi di media center sudah tersedia dengan baik. Kecepatan internet yang menggunakan fiber optik dengan kualitas sinyal 4G dan 5G. Mitra operator seluler yakni Telkomsel telah juga menambahkan Base Transceiver Station (BTS) dalam jumlah yang banyak, bahkan juga menyiapkan BTS Combat.

Berkaitan dengan kehadiran jurnalis, hingga pukul 14:47 WITA pada Rabu (8/5/2023) tercatat sebanyak 448 media telah terdaftar dan terverifikasi panitia KTT ke-42 ASEAN.

Media luar negeri yang berdomisili di Indonesia sebanyak 76 media dan 45 media dari luar negeri. Dan 152 media nasional, 122 DEO, dan 53 host foto dan broadcast.