Kesimpulan Utama Hasil KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo

(Beritadaerah – Labuan Bajo) Konferensi Tingat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN telah resmi berakhir pada Kamis (11/5), setelah berlangsung sejak Selasa (9/5). Pimpinan negara ASEAN dan para delegasi sudah meninggalkan Labuan Bajo pada Kamis (12/5/2023) pada sore hari hingga Jumat (13/5/2023).

Dalam KTT ASEAN 2023 sejumlah poin keputusan telah disepakati, hal ini disampaikan oleh Presiden Jokowi selaku pemegang Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 dan menutup rangkaian kegiatan. Kesimpulan utama dari hasil akhir KTT ASEAN 2023 para pimpinan negara Asia Tenggara menyepakati segala keputusan yang dibentuk harus mengutamakan kepentingan rakyat di kawasan. Berikut tiga poin kesimpulan utama yakni :

Poin pertama, hal yang menyentuh kepentingan rakyat menjadi perhatian penting para leaders, termasuk pelindungan pekerja migran dan korban perdagangan manusia.

Poin kedua, yang menjadi isu besar bagi ASEAN saat ini adalah terkait Myanmar. Bagi para pemimpin ASEAN, pencederaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan tidak bisa ditoleransi dan 5 Point Consensus (5PC) memandatkan ASEAN harus melibatkan semua pemangku kepentingan.

Poin ketiga, para pemimpin juga menyepakati penguatan kerja sama ekonomi, salah satunya pembentukan ekosistem mobil listrik. ASEAN sepakat untuk membangun ekosistem mobil listrik dan menjadi bagian penting dari rantai pasok dunia sehingga hilirisasi industri menjadi kunci.