(Photo: Infopublik)

Diskusi Tematik Dalam Sesi Terakhir The 2nd SCM

(Beritadaerah-Badung) Sebanyak 744 peserta dari seluruh dunia akan mengikuti sesi diskusi hari terakhir penyelenggaraan The 2nd Stakeholder’s Consultation Meeting (SCM) di Hotel Intercontinental Bali Resort, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Jumat (13/10/2023).

Sebanyak 671 peserta di antaranya akan mengikuti diskusi thematic process yang terdiri dari enam subtema. Pada subtema Water Security and Prosperity akan diikuti oleh 116 peserta, subtema Water for Humans and Nature (118 peserta), subtema Disaster Risk Reduction and Management akan diikuti (108 peserta), subtema Governance Cooperation and Hydro-diplomacy (125 peserta), subtema Sustainable Water Finance (110 peserta), dan subtema Knowledge and Innovation akan diikuti oleh 94 peserta.

Kemudian, di sesi diskusi political process akan dihadiri oleh sebanyak 73 pemangku kepentingan. Di antaranya, sebanyak 40 orang yang berasal dari instansi pemerintahan (ministerial), 25 orang yang berasal dari otoritas wilayah sungai (basin authorities), dan sebanyak 8 orang yang berasal dari pemerintah daerah (local/regional authorities).

Peserta yang mengikuti rangkaian diskusi thematic process dan political process berasal dari Asia Pasific (Indonesia), Asia Pasific (non-Indonesia), Africa, America, dan Mediteranean.

Hasil diskusi thematic process dan political process yang telah dilakukan secara komprehensif sejak Kamis (12/10/2023) akan dibahas di sesi itu, dan dijabarkan kepada seluruh peserta yang hadir. Sehingga, peserta mengetahui secara mendalam solusi yang dihasilkan melalui pertemuan diskusi tersebut.

Setelah itu, para pemangku kepentingan akan melakukan diskusi regional proses untuk menindaklanjuti hasil dari dua diskusi sebelumnya.

Pada penghujung acara The 2nd SCM nanti, akan disimpulkan hasil dari interaksi antara diskusi thematic process, political process, dan regional process. Selanjutnya, ditutup oleh pernyataan Vice President World Water Council (WWC) Eric Tardieu dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Pertemuan the 2nd SCM di Bali yang diselenggarakan pada 12–13 Oktober 2023 mempertemukan 1.094 pemangku kepentingan dari 73 negara. The 2nd SCM adalah lanjutan dari Kick Off Meeting atau The 1st SCM pada Februari 2023.

World Water Forum merupakan forum lintas batas terbesar di dunia yang fokus dalam pembahasan dan penanganan masalah air yang diselenggarakan bersama oleh World Water Council dan Pemerintah Indonesia. Pertemuan World Water Forum ke-10 akan digelar di Bali pada Mei 2024.