Festival Balon Udara di Parkir Selatan Summarecon Mall Bekasi, Jawa Barat

(Beritadaerah – Bekasi) Jangan salah, balon udara yang kita lihat ini bukan berada di luar negeri seperti di Cappadocia, negara Turki. Tetapi ini adalah Festival Balon Udara yang berlangsung pada hari Minggu (22/10), di parkir selatan Summarecon Mall Bekasi, Jawa Barat. Memang Cappadocia di Turki terkenal dengan wisata balonnya dan merupakan salah satu wisata yang paling populer.


Dalam Festival Balon Udara yang berlangsung di Bekasi, ada delapan balon udara dengan berbagai motif cantik yang diterbangkan. Balon udara berasal dari Wonosobo, Jawa Tengah dan kerap dipamerkan juga di langit Wonosobo. Festival Balon Udara ini juga merupakan tradisi yang telah lama ada di Wonosobo. Balon udara ikonik ini memiliki diameter mencapai 5 meter dan tinggi 8 meter.

Berbeda dengan balon udara yang ada di Turki, pada Festival Balon Udara tidak dapat dinaiki oleh penumpang dan ukurannya tidak sebesar yang ada Cappadocia, Turki.

Balon udara yang ada di festival ini menggunakan tenaga asap dari pembakaran batok kelapa. Tali juga dipasang pada sisi balon udara, hal ini untuk keamanan dan memudahkan dalam mengatur arah balon saat di udara.

Foto; Infopublik