Aquabike Jetski World Championship 2023 Membuka Peluang Event Berikutnya di Danau Toba

(Beritadaerah-Balige) Kolaborasi dalam menggelar Aquabike Jetski World Championship 2023 Danau Toba yang berjalan sukses dinilai akan menjadi landasan event internasioal berikutnya di Provinsi Sumatra Utara (Sumut), khususnya kawasan Danau Toba.

“Kami kira event itu bisa menjadi landasan kesuksesan berikutnya walaupun kami tepat mengevaluasi kegitan ini,” kata Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Hassanudin, dalam konferensi pers, Jumat (25/11/2023).

Menurut Hassanudin, balapan jetski kelas dunia itu membuka pintu bagi Sumut untuk mengembangkan kegiatan ekonomi kreatif yang terkait acara tersebut.

Oleh karenanya, dia berterima kasih pada semua pihak terkait dan bersyukur serta berbangga karena masih diberikan kesempatan oleh panitia pelaksana sebagai tuan rumah Aquabike Jetski World Championship 2023 Danau Toba.

“Dengan kolaborasi, kegiatan itu merupakan pengalaman pertama kali menyiapkan (Aquabike Jetski) yang didukung side event masing-masing kabupaten yang terkait,” imbuhnya.

Hassanudin menuturkan, wisata event itu tidak hanya olah raga air, melainkan juga merupakan sportainment (hiburan di sambil olahraga) dan juga sportourism (pariwisata olahraga)

Terkait dengan hal itu, dia merasa banyak sekali hal yang bisa diambil sebagai contoh yang baik bagi warga setempat khususnya dalam mengembangkan produk unggulan yang diminati wisatawan.

“Hari ini cukup baik, walupun kami dari panitia daerah tidak bisa (langsung) mengevaluasi karena tidak semata-mata banyak yang datang,” tutur Hassanudin.

Dia merasa optimistis event Aquabike Jetski ini akan menggerakkan ekonomi Provinsi Sumut dan Danau Toba karena tidak semata-mata hanya berisi adu kompetisi, tetapi merupakan suatu kolaborasi antara budaya, kecanggihan teknologi, dan keindahan .

Selain itu balapan jetski internasional itu dinilai menjadi kesempatan pemerintah daerah setempat untuk menyajikan suatu budaya, kuliner, UMKM potensial yang berkualitas tinggi.

Sedangkan dari sisi penyelengaraan, walaupun diakui ada beberapa kendala, tetapi telah berhasil di eliminir dan bisa dilaksanakan dengan baik

“Kepada media, kami terima kasih untuk support informasi dan promosinya dalam kegiatan ini. Jangan lupa Danau Toba milik kita, jadi kalau wisata ke Sumatera Utara saja,” pungkas Pj Gubernur Sumatera Utara