Festival Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan di Ternate

(Beritadaerah – Ternate) Tampak Walikota Ternate M. Tauhid Soleman (kiri) bersama Plt. Bupati Halmahera Selatan Hasan Ali Bassam Kasuba menandatangani berita acara Kerja sama Antar Daerah (KAD) pada Festival Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Provinsi Maluku Utara Tahun 2023 di Kota Ternate, Senin (27/11).

KAD tersebut sebagai kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan untuk mengoptimalkan dan memperkuat langkah pengendalian inflasi di daerah dari sisi persediaan maupun produksi demi mendukung ketahanan pangan nasional.

Sebelumnya, Pemerintah Pusat telah menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi yakni pertemuan tahunan tingkat nasional berkaitan dengan koordinasi pengendalian inflasi pada tanggl 31 Agustus 2023. Pertemuan ini diinisiasi oleh Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) dan dididukung oleh 542 Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Bank Indonesia dan Pemerintah (Pusat dan Daerah) bekerja sama melalui TPIP dan TPID untuk menjaga agar harga-harga tetap stabil dan mencapai target inflasi nasional, meskipun sedang dihadapkan pada berbagai risiko inflasi dan tantangan terkait ketahanan pangan.

Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2023 diselenggarakan secara hybrid di Istana Negara dan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Rakornas tersebut mengambil tema memperkuat Sinergi dan Inovasi untuk Stabilisasi Harga Menuju Ketahanan Pangan Nasional yang Berkelanjutan.

Presiden Jokowi juga menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim pengendali inflasi, baik pusat dan daerah, kepada gubernur, bupati, dan wali kota yang sudah bersama-sama dengan kita semuanya dalam rangka mengendalikan inflasi.