Awal 2024, Lima Bandara Angkasa Pura II Buka Rute Baru

(Beritadaerah – Jakarta) Lima bandara di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura/AP II (Persero) bersama dengan maskapai langsung membuka rute-rute penerbangan baru di awal 2024. Rute baru yang dibuka tersebut merupakan rute penerbangan langsung (direct flight). Rencananya akan dibuka pada bulan Januari – Februari, yang bertujuan untuk semakin mempermudah akses penerbangan bagi masyarakat, serta meningkatkan kontribusi terhadap sektor pariwisata dan perekonomian nasional, demikian yang disampaikan oleh SVP of Corporate Secretary AP II, Deni Krisnowibowo.

“Sejak awal tahun, bandara-bandara AP II membuka rute-rute baru. Kami berharap ini semakin memudahkan perjalanan udara masyarakat, baik untuk pariwisata atau perjalanan bisnis,” ujar Deni dalam keterangan persnya, Senin (22/1).

Pembukaan rute baru itu, lanjut dia, juga sebagai upaya perseroan untuk terus menjaga momentum pertumbuhan lalu lintas penerbangan setelah dihantam pandemi COVID-19 pada 2020 – 2022. Tentunya pembukaan rute memperhatikan potensi dan permintaan yang ada. Pembukaan rute ini merupakan kolaborasi antara AP II dengan maskapai dan ground handling serta didukung penuh Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan dan InJourney Holding dalam membuka rute-rute baru.

Berikut bandara AP II yang membuka rute baru penerbangan langsung pada Januari – Februari 2024 berdasarkan data per 21 Januari:

-Bandara Soekarno-Hatta
Bandara Soekarno-Hatta akan membuka rute penerbangan baru, yakni Jakarta – Kota Kinabalu (Malaysia) pada 6 Februari 2024 oleh Indonesia AirAsia; dan rute Jakarta – Nanning (China) oleh Sichuan Airlines pada Januari/Februari 2024.

-Bandara Kualanamu
Bandara Kualanamu bersama maskapai Qatar Airways membuka rute penerbangan Medan – Doha (Qatar) mulai 15 Januari 2024. Rute ini dioperasikan Qatar Airways sebanyak tiga kali seminggu menggunakan pesawat berbadan lebar (wide body) Boeing 787 atau dikenal juga dengan Dreamliner.

-Bandara Radin Inten II
Bandara Radin Inten II membuka konektivitas Lampung – Denpasar yang dilayani oleh maskapai Indonesia AirAsia mulai 17 Januari 2024 dengan frekuensi empat kali seminggu.

-Bandara Minangkabau
Bandara Minangkabau dan maskapai Lion Air membuka rute Padang – Surabaya mulai 18 Januari 2024; kemudian Super Air Jet membuka rute penerbangan Padang – Medan mulai 24 Januari 2024.

-Bandara Sultan Syarif Kasim II
Bandara Sultan Syarif Kasim II bersama maskapai Lion Air membuka rute penerbangan Pekanbaru – Surabaya mulai 13 Januari 2024.

Adapun bandara-bandara AP II lainnya, selain lima bandara ini juga akan membuka rute-rute baru, serta menambah frekuensi penerbangan di rute eksisting untuk semakin mempermudah akses penerbangan bagi masyarakat.