Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dalam siaran pers Rabu (21 Feb 2024).). (Foto: Humas Ekon.)

Airlangga: Generasi Muda Harus Upgrade Skill untuk Capai Indonesia Emas 2045

(Beritadaerah – Nasional) Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto hadir secara virtual dalam kegiatan Ekon Goes to Campus di Universitas Pakuan, Bogor, Jawa Barat, Selasa (5/3/2024). Acara tersebut bertema “Peran Penting Generasi Muda Mendukung Transformasi Ekonomi Nasional menuju Indonesia Emas 2045”.

Airlangga mengatakan bahwa generasi muda harus bersiap menghadapi transformasi tersebut. Hal ini terkait dengan visi Indonesia Emas 2045 dimana Indonesia ingin menjadi negara dengan pendapatan per kapita yang setara dengan negara maju.

Untuk itu, Indonesia membutuhkan pendekatan transformatif baik melalui  transformasi ekonomi, sosial, maupun tata kelola.

“Rekan-rekan harus bersiap dengan transformasi ini, dengan pertumbuhan teknologi digital dan juga harus siap meng-upgrade skill yang relevan untuk kebutuhan pekerjaan masa mendatang,” tutur Menko Airlangga.

Juru Bicara sekaligus Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan Kemenko Perekonomian Haryo Limanseto juga menyampaikan sejumlah potensi Indonesia yang perlu dioptimalkan dalam mencapai Visi Indonesia Emas 2045. Ini meliputi kinerja ekonomi Indonesia yang merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Tahun 2023 Indonesia mampu mencapai 5,05 persen (yoy). Sumber daya alam melimpah, serta momentum bonus demografi yang dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Generasi muda sangat penting perannya karena akan melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan,” ujar Juru Bicara Haryo Limanseto saat menyampaikan opening remarks.

Selanjutnya, para narasumber menyampaikan sejumlah materi terkait transformasi ekonomi digital dan peran generasi muda dalam mendukung Indonesia mencapai Visi Indonesia Emas 2045 termasuk pemanfaatan momentum bonus demografi dan eksistensi Indonesia di kancah global.

Eksistensi Indonesia telah menjadi sorotan di mata dunia terutama atas keberhasilan dalam Presidensi G20 Indonesia dengan disepakatinya G20 Bali Leaders’ Declaration dan Keketuaan ASEAN 2023.

Sejalan dengan Visi Indonesia Emas 2045, salah satu strategi yang juga sedang digaungkan Pemerintah adalah proses aksesi Indonesia untuk menjadi anggota Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

Menindaklanjuti intensi Pemerintah Indonesia, Dewan OECD telah memutuskan untuk membuka diskusi aksesi dengan Indonesia sejak tanggal 20 Februari 2024.