Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono memantau daerah yang terdampak banjir dan longsor. (Foto: Kemenhub)

Menteri PUPR: Pemulihan Paska Banjir Jalan Raya Padang – Painan Prioritas Utama

(Beritadaerah – Infrastruktur) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan untuk memantau sejumlah daerah di Sumatera Barat (Sumbar) yang terdampak bencana banjir dan longsor.

Dalam peninjauannya, Menteri Basuki mengatakan bahwa pemulihan jalan akan menjadi  prioritas pengerjaan pemerintah pusat.

“Pemulihan konektivitas, terutama di Jalan Raya Padang-Painan, menjadi prioritas utama,” katanya, Senin 11 Maret 2024.

Menteri Basuki menargetkan, semua jalur yang terputus akan pulih sepenuhnya dalam waktu dua pekan ke depan. Kementerian PUPR akan fokus pada pemulihan infrastruktur utama, khususnya jalan dan pasokan air bersih.

“Kabupaten Pesisir Selatan menjadi yang terburuk. Situasi ini semakin memperparah dengan adanya objek vital seperti fasilitas Pertamina, yang tak boleh terputus untuk menjaga rantai distribusi ke wilayah lain dan pelabuhan utama seperti Teluk Bayur Padang,” sebutnya didampingi Gubernur Sumbar Mahyeldi.

Menteri Basuki memastikan jalur distribusi tetap terbuka agar pasokan bahan pokok makanan untuk Masyarakat tetap terjamin aman. Ditargetkan semua jalur terdampak banjir sudah bersih dari material longsoran dalam tempo seminggu ini.