(Beritadaerah – Jakarta) DAMRI sebagai salah satu transportasi umum yang menjadi pilihan masyarakat melaksanakan uji kelaikan (ramp check) untuk seluruh unit armada jelang masa Angkutan Lebaran 2024. Proses ini dilakukan sejak tanggal 13 – 28 Maret 2024. Ramp check ini dilakukan untuk memastikan kinerja dan kualitas layanan transportasi DAMRI memenuhi harapan masyarakat saat melakukan perjalanan mudik dan arus balik Lebaran. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Perusahaan DAMRI, Chrystian R. M. Pohan dalam siaran persnya, Selasa (19/3).
“Melalui pelaksanaan ramp check, DAMRI ingin memastikan bahwa kinerja dan kualitas layanan sudah laik jalan,” kata Pohan.
Hal itu, lanjut Pohan, dilakukan sebagai bentuk upaya DAMRI meningkatkan keselamatan dan kewaspadan dalam berlalu lintas saat pelaksanaan Angkutan Lebaran 2024.
Pelayanan dan keselamatan menjadi fokus utama dalam inspeksi yang rutin dilakukan DAMRI menjelang masa Angkutan Lebaran. Semua aspek mulai dari Quality Control (QC) dan Quality Assurance (QA) dipastikan dalam kondisi prima.
Pengecekan QC berupa sistem penerangan, sistem pengereman, badan kendaraan, perlengkapan keselamatan dan tanggap darurat, serta perlengkapan kendaraan. DAMRI pun memastikan kelengkapan dan masa berlaku seluruh surat-surat kendaraan pada setiap armada yang akan beroperasi.
Sementara QA untuk mengecek kondisi, kelengkapan, kerapihan hingga kebersihan berupa buku panduan doa dan tanggap darurat, seragam pengemudi dan petugas loket, serta informasi rute bus.
Selanjutnya mengecek intensitas pencahayaan interior, papan identitas pramudi, announcer keselamatan, tanda lokasi APAR, panduan cara penggunaan palu pemecah kaca, dan informasi nomor telepon darurat.
Selain itu juga mengecek informasi call center Perum DAMRI, tempat sampah, pengharum kendaraan semprot, suhu AC 20-24°C, fasilitas charger, lantai kendaraan, dinding interior kendaraan, dan jendela interior kendaraan.
Kemudian juga mengecek kondisi toilet, kondisi tempat duduk, reclining seat, bagasi atas, bagasi bawah, dinding eksterior kendaraan, jendela eksterior kendaraan, stiker fasilitas charging hanya untuk hp, bantal dan selimut, serta ruang tunggu.
Terakhir Pohan juga menyampaikan DAMRI bangga dapat menjadi bagian dari kehidupan dan membantu masyarakat dalam kebutuhan mobilisasi saat Lebaran untuk bertemu keluarga dan kerabat tercinta di kampung halaman.