Jajaran pengurus pusat Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Foto: InfoPublik

HUT ke-44 Dekranas: Gandeng Generasi Muda Majukan Kerajinan Bangsa

(Beritadaerah – Nasional) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) melakukan sosialisasi kepada generasi muda yaitu kaum milenial dan Generasi Zilenial (Gen Z), agar membantu memajukan kerajinan karya anak bangsa Indonesia.

Ketua Bidang Promosi dan Hubungan Masyarakat (Humas) Dekranas, Dina Budi Arie, menyampaikan hal ini saat konferensi pers Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dekranas. Acara diselenggarakan oleh Direktorat Informasi Komunikasi Perekonomian dan Maritim (IKPM) Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) di Press Room Kominfo, Rabu (8/5/2024).

Bidang promosi dan humas telah memanfaatkan media sosial seperti Instagram, TikTok serta website Dekranas untuk menyosialisasikan adanya event HUT ke-44 Dekranas. Diharapkan masyarakat luas khususnya generasi muda dapat mengetahui apa itu Dekranas, dan mampu untuk memajukan para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang memproduksi kerajinan asli Indonesia.

“Kami dari bidang humas selama ini sudah mencoba untuk mempromosikan event itu di semua media yang ada, baik dari baliho atau kanal social media yang kami miliki, seperti website dekranas maupun media sosial Instagram. Khusus tahun ini kami mencoba juga untuk melibatkan anak-anak muda untuk ikut mempromosikannya melalui media sosial TikTok, karena sekarang ini banyak anak-anak muda kita Gen Z dan para milenial lebih banyak melihat di TikTok, jadi kami mencoba untuk mengangkat event Dekranas kali ini dengan TikTok,” ujar Dina.

Dina sangat mengapresiasi peran generasi muda untuk bersama-sama memajukan promosi para pelaku UMKM yang ada di Indonesia.

“Kita sudah menyosialisaskan melalui platform Tik Tok, dan itu bukan lumayan lagi responya sangat baik, sudah diakses dan dilihat jutaan viewers. Kita mencoba dengan cara baru ini yang mana sebelumnya belum pernah, jadi itu salah satu cara kita untuk menyampaikan supaya Gen Z dan anak-anak muda itu mulai mengetahui apa itu Dekranas, di sini kita mencoba untuk memulai menyosialisasikan ke para milenial dan Gen Z bahwa ada Dekranas,” ujarnya.

Direktur Informasi Komunikasi Perekonomian dan Maritim Ditjen IKP Kominfo, Septriana Tangkary, turut menyampaikan harapannya agar peringatan HUT ke-44 Dekranas  memberikan dampak positif bagi para pelaku UMKM.

Sebagai informasi, puncak peringatan HUT ke-44 Dekranas akan dilaksanakan mulai 15 sampai 18 Mei 2024 di Kota Surakarta. Terdapat banyak acara yang digelar seperti kirab festival, expo, talk show dan ratusan stan yang telah disediakan untuk para Dekaranasda serta para pelaku UMKM yang ikut berpartisipasi.