(Beritadaerah-Kolom) AI merupakan pengembangan Teknologi Digital yang terkini. Kita melihat AI berkembang di seluruh dunia dan, secara global, AI diperkirakan akan menambah pertumbuhan PDB sebesar 1 persen atau lebih pada tahun 2030. AI mungkin akan memainkan peran yang besar di Indonesia, karena AI dapat menyediakan peluang besar bagi masyarakat. Menangkap peluang ini sangatlah penting karena hal ini dapat memberikan keuntungan ekonomi bagi mereka yang memanfaatkannya. Banyak perusahaan di negara ini akan mampu berkembang dengan menggunakan platform yang dibangun berdasarkan pembelajaran dari belahan dunia lain.
Lanskap global sedang menyaksikan perubahan besar, didorong oleh pertumbuhan ekonomi digital dan pengaruh AI yang meluas. Tren-tren ini tidak hanya membentuk lanskap teknologi di negara ini, namun juga merevolusinya.
Tidak diragukan lagi, perekonomian digital merupakan sebuah kekuatan besar, dan Indonesia menjadi salah satu perekonomian digital yang menarik di Asia Tenggara. Sektor ini mengalami pertumbuhan yang luar biasa, mencapai US$82 miliar pada tahun 2023, dan diproyeksikan akan melonjak hingga US$210 miliar pada tahun 2030. Lonjakan ini telah melahirkan lebih dari 15 unicorn dan dua decacorn di Indonesia pada tahun 2023, sehingga memperkuat posisi sektor ini sebagai sektor katalis yang mendorong negara ini maju. Gelombang inovasi berikutnya di sektor-sektor seperti pertanian, game, pendidikan, dan hiburan menjanjikan perkembangan yang menarik untuk disaksikan.
Di bidang teknologi digital, AI menjadi pusat perhatian dalam setiap percakapan saat ini. Para pemain teknologi digital terkemuka di Indonesia memanfaatkan AI untuk mempersonalisasi pengalaman.
Baca juga : Melihat Peluang Besar Dengan Digitalisasi Bangsa
Dengan populasi besar yang tersebar di ribuan pulau, Indonesia menghadapi tantangan dalam akses terhadap pendidikan, layanan kesehatan, dan peluang ekonomi. Teknologi digital dapat menjembatani kesenjangan ini dengan menyediakan platform pembelajaran online, layanan telemedis, dan peluang kerja jarak jauh, sehingga memperluas akses terhadap layanan penting dan membuka potensi individu di seluruh negeri.
Selain itu, inovasi teknologi digital dapat memacu pertumbuhan ekonomi dengan memberdayakan pengusaha dan UMKM untuk memanfaatkan solusi e-commerce, pemasaran digital, dan fintech untuk menjangkau pasar baru dan meningkatkan skala bisnis mereka. Hal ini tidak hanya mendorong penciptaan lapangan kerja tetapi juga mendorong ketahanan dan inklusivitas ekonomi. Semua ini dapat ditingkatkan dan dipercepat dengan konektivitas yang luas dan infrastruktur pusat data, dimana pemerintah terus berinvestasi.
AI Generatif telah menunjukkan potensinya untuk mendemokratisasi akses terhadap teknologi yang kompleks, sehingga dapat diakses oleh semua orang. Pengungkapan ini membuat peluang inovasi paling signifikan bagi Indonesia terletak pada persimpangan media sosial, e-commerce, pendidikan, dan AI. Pertimbangkan kemungkinan jika AI yang terintegrasi dalam media sosial atau aplikasi seluler dapat memfasilitasi inklusi keuangan atau memberikan edukasi secara lancar dalam perjalanan konsumen—hal ini dapat menjadi pencapaian terobosan dalam mengatasi berbagai tantangan.
Peranan Telkom
Dengan hampir terbentuknya pilar dasar infrastruktur jaringan yang kuat, fokus Indosat saat ini adalah berinvestasi pada pembangunan pusat data, layanan cloud, dan AI. Kita optimis bahwa pada akhir dekade ini, akan ada kemajuan besar yang akan membuka jalan bagi kemajuan transformatif dalam lanskap teknologi digital di Indonesia.
Telkom memiliki tiga pilar dalam pelayanannya kepada masyarakat. Pilar pertama adalah konektivitas, yang masih menjadi bisnis inti. Pilar kedua adalah perluasan konektivitas secara alami—pusat data, cloud, big data. Pilar ketiga adalah apa yang disebut layanan digital dan di sini Telkom mungkin harus bermitra dengan pihak ketiga.
Sekitar 80 persen penduduk Indonesia sudah memiliki ponsel pintar. Ada dua faktor yang berkontribusi terhadap hal ini. Pertama, harga telepon seluler tampaknya menurun. Kedua, yang mungkin berbeda dengan Amerika Serikat, pasar ponsel bekas di Indonesia sangat besar. Jadi, ponsel pintar lebih mudah didapat—kecuali untuk 20 persen populasi tersebut. Pertanyaannya adalah bagaimana mengatasi tantangan tersebut. Ambil contoh, di India—Jio mampu menyediakan smartphone dengan anggaran terbatas tanpa biaya kepada masyarakat.
Indonesia belum memiliki ekosistem serupa. Tantangan lainnya adalah layanan purna jual. Di Indonesia, mungkin tidak layak untuk memiliki pusat layanan di sebuah pulau yang berpenduduk sepuluh atau 400 orang. Logistik dalam melayani pelanggan semakin baik tetapi kami belum 100 persen sampai.
Selain itu, jaringan juga bisa menjadi tantangan—walaupun 95 persen wilayah negara ini sudah tercakup, wilayah lainnya masih memerlukan konektivitas dan kita tidak boleh mengabaikan hal tersebut. Terdapat lebih dari 5.000 desa yang memiliki konektivitas terbatas dan lebih dari 80 persen rumah tangga belum memiliki akses fixed broadband. Telkom tetap berkomitmen untuk menjadi yang terdepan dalam memajukan akses konektivitas tanah air untuk penerapan teknologi digital, dengan fokus pada perluasan jaringan mobile, fixed access, dan backbone.
Peranan Indosat
Sebagai respons terhadap perubahan dinamis dalam lanskap telekomunikasi dan pentingnya pertumbuhan, Indosat memulai merger strategis dengan Hutchison Tri, menjadikannya perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di negara ini, dengan basis pengguna 100 juta pelanggan. Keberhasilan merger ini menandai tonggak sejarah yang signifikan, memungkinkan Indosat melakukan investasi besar dalam memperluas skala dan cakupan kami di seluruh negeri.
Fokus Indosat selaras dengan keyakinan bahwa kunci kemakmuran Indonesia terletak pada mendorong pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan. Keyakinan ini mendasari investasi signifikan Indosat dalam mendorong pertumbuhan di luar wilayah metropolitan dan mendukung UMKM, tulang punggung negara kita. Indosat menyadari bahwa pengaruh teknologi digital memiliki potensi untuk mendorong transformasi sumber daya manusia dan memberdayakan perempuan. Perjalanan Indosat adalah untuk memberikan manfaat nyata bagi seluruh masyarakat Indonesia, memastikan bahwa kekuatan konektivitas dan pengalaman digital menjangkau setiap sudut negara kita yang beragam.
Kualitas Kepemimpinan
Dibutuhkan kepemimpinan yang berkualitas dalam perjalanan Indonesia menghadirkan inklusivitas di 17.500 pulau. Kualitas pertama terangkum dalam frasa, “bercita-cita besar, bermain untuk tujuan.” Bangsa ini ditandai oleh rasa kebanggaan nasional yang sangat besar—tidak ada hal yang lebih dirasakan oleh setiap orang Indonesia. Dengan menyatukan upaya mencapai tujuan yang ambisius dengan komitmen terhadap tujuan yang lebih besar, kita dapat mewujudkan aspirasi kolektif bangsa ini.
Kualitas kedua berakar pada semangat gotong royong Indonesia , sebuah tradisi budaya tanpa pamrih yang mendorong kolaborasi demi keuntungan bersama. Dengan menganut etos ini, kita dapat memupuk kemitraan yang saling menguntungkan, menyadari bahwa kesuksesan kolektif adalah ukuran sebenarnya dari pencapaian kita. Terakhir, kualitas ketiga terletak pada apa yang disebut penguasaan Proses Operasi Standar. Untuk mencapai tujuan kita, harus ada fokus yang teguh pada eksekusi.