Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Pamukkulu di Kabupaten Takalar, Sulsel

(Beritadaerah-Taklar) Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Pamukkulu di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Bendungan ini sudah dibangun sejak tahun 2017. Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pembangunan ini sudah berjalan 7 tahun dengan biaya yang besar yakni Rp 1,6 triliun. Bendungan ini memiliki daya tampung 82 juta meter2. Luas genangannya mencapai 460 hektare.

“Ini adalah bendungan yang besar dan menghabiskan biaya yang juga sangat besar sekali. Rp 1,6 triliun. Tetapi nanti kita lihat manfaatnya juga akan sangat besar sekali. Terutama untuk masyarakat di Kabupaten Takalar,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menambahkan manfaat dari bendungan ini sangat banyak. Yakni untuk air baku untuk pembangkit tenaga listrik, untuk mereduksi-mengurangi banjir, dan yang paling penting adalah untuk irigasi.

Turut serta bersama Presiden Jokowi dalam peresmian bendungan ini yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Pj. Gubernur Sulawesi Selatan Zudan Arif Fakrulloh.