Destinasi Wisata di Kabupaten Magelang Pengunjungnya Meningkat

(Beritadaerah-Magelang) Sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mengalami peningkatan pengunjung pada libur sekolah tahun 2024. Jumlah pengunjung naik signifikan dibanding hari biasa, seperti objek wisata Gunung Telomoyo, tercatat pengunjung mencapai 63 ribu sejak bulan lalu.

“Kenaikannya sangat signifikan saat musim libur sekolah tahun ini mencapai 63 ribu di bulan Juni,” ujar pengelola objek wisata yang ada di Kecamatan Ngablak, Mul Budi Santoso, Selasa (9/7).

Disampaikan Mul Budi, pada bulan-bulan sebelumnya, jumlah kunjungan di kisaran 25 ribu hingga 35 ribu orang per bulan. Musim liburan ini, kenaikannya lebih dari 100 persen. Selain itu, memasuki Juni hingga September ini, merupakan bulan yang cukup bagus untuk melihat view cantik berupa sunrise. Kenaikan tersebut menjadikan Gunung Telomoyo sebagai daya tarik wisata dengan jumlah kunjungan terbanyak di Kabupaten Magelang, setelah Candi Borobudur.

Ditambahkan juga oleh Mul Budi, pada Agustus nanti merupakan puncaknya dikarenakan banyak pengujung yang berburu view cantik akan memperolehnya di spot baru Triangle Skyview. Spot ini merupakan tempat pengunjung bisa melihat sunrise pada tempat terbaik di Telomoyo.

Triangle Skyview merupakan lahan berbentuk segitiga yang sengaja digarap, karena menjadi tempat terbaik menikmati pemandangan sunrise maupun sunset. Lokasi itu ada pada ketinggian 1.800 mdpl, dilengkapi dengan kafe. Pengelola menargetkan kunjungan pada Juli hingga Agustus adalah 80 ribu wisatawan per bulan. Dengan berlimpahnya jumlah kunjungan itu, pengelola tetap melakukan antisipasi saat terjadi penumpukan pengunjung di pagi hari, terutama pada Sabtu dan Minggu, melalui sistem buka tutup.

Pengunjung yang datang selama libur sekolah ini, lebih banyak dari luar kota, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan kota-kota sekitar. Banyak wisatawan yang ambil paket jip dengan destinasi ke Telomoyo, dilanjut ke Pinea Forest Mangli, daya tarik wisata baru di Ngablak.

Selain Telomoyo, objek wisata Nepal Van Java di Dusun Butuh, Kaliangkrik, Temanggung, juga kebanjiran pengunjung di musim liburan ini dan kenaikannya mencapai 500 persen. Jumlah pengunjung setiap hari yakni 500 hingga 1.000 wisatawan. Kunjungan ini didominasi wisatawan dari luar daerah, seperti Semarang, Jakarta, dan lainnya. Sementara di hari biasa, jumlah kunjungannya hanya sekitar 50 – 200 wisatawan.