(Photo: Infopublik)

Bea Cukai Dukung Kelancaran MXGP 2024 di Lombok

(Beritadaerah-Mataram) Bea Cukai Mataram kembali berperan penting dalam pemeriksaan fisik dan pengamanan logistik pada ajang Motocross Grand Prix (MXGP) 2024 yang digelar di Sirkuit Selaparang Lombok.

Seri 11 MXGP sukses diselenggarakan pada 29-30 Juni 2024, diikuti oleh Seri 12 pada 6-7 Juli 2024.

Adi Cahyanto, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Mataram, menyatakan bahwa pemeriksaan logistik dengan berat 38,9 ton yang digunakan dalam MXGP Lombok 2024 telah dilakukan dengan teliti.

Logistik MXGP dikeluarkan dengan skema re-ekspor menggunakan dokumen ATA Carnet (Admission Temporaire/Temporary Admission Carnet), demikian penjelasan Adi di Mataram, Rabu (10/7/2024).

Adi menjelaskan bahwa logistik MXGP 2024 masuk ke Indonesia menggunakan skema impor sementara dengan dokumen ATA Carnet dan dikeluarkan kembali dengan skema re-ekspor. Re-ekspor adalah proses mengirim barang yang sebelumnya diimpor kembali ke negara asal atau negara lain.

ATA Carnet adalah fasilitas kepabeanan yang memungkinkan barang untuk pameran, kegiatan olahraga, atau acara komersial masuk ke suatu negara tanpa perlu membayar bea masuk dan pajak, selama barang tersebut diekspor kembali dalam jangka waktu tertentu.

Penggunaan ATA Carnet memberikan banyak keuntungan bagi penyelenggara kegiatan di suatu negara, termasuk penghematan biaya karena tidak perlu membayar bea masuk atau pajak impor. Proses pemeriksaan juga lebih cepat dan sederhana karena dokumen ATA Carnet terstandardisasi secara internasional, sehingga memudahkan pengurusan administrasi.

Dengan layanan kepabeanan ini, kami dapat memperlancar arus logistik dalam proses re-ekspor, sehingga penyelenggaraan event internasional MXGP 2024 di Pulau Lombok dapat berjalan lancar, demikian ditutup Adi.