Pemdakab Garut Terima 405 PJU Tenaga Surya

(Beritadaerah- Garut) Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemdakab) Garut menerima bantuan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS).
yang diserahkan oleh Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

(Dikutip dari sumber jabarprov.go.id), Sekretaris Daerah Kabupaten Garut Nurdin Yana menerima secara simbolis dengan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST), dan Naskah Hibah Barang Milik Negara (BMN) Infrastruktur Ditjen EBTKE dan Badan Geologi Kementerian ESDM, yang dilaksanakan di Hotel Novotel, Kota Tangerang.

Nurdin Yana menyampaikan menghargai Kementerian ESDM atas bantuan PJU-TS tersebut. Bantuan ini terdiri dari 405 titik yang tersebar di 38 kecamatan di Kabupaten Garut pada tahun 2023.

Nurdin berharap, bantuan yang serupa dapat diberikan ke kecamatan atau desa/kelurahan lain yang belum menerima fasilitasi PJU-TS untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Dengan jumlah kecamatan dan desa serta kelurahan yang cukup banyak, Nurdin berharap Kementerian ESDM melalui Ditjen EBTKE dapat memberikan atau mengintervensi bagi kecamatan atau desa/kelurahan yang belum mendapatkan fasilitasi PJU-TS.

Menurutnya, PJU-TS ini dapat memberikan manfaat bagi pengembangan serta peningkatan ekonomi masyarakat.

Ia juga berharap ada kolaborasi dan koordinasi antara Pemerintah Daerah Kabupaten Garut dengan Ditjen EBTKE terkait pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengawasan dan pemeliharaan PJU-TS agar bantuan yang diberikan bisa terawat dan bermanfaat secara optimal.

“Supaya bilamana ada persoalan atau kerusakan, SDM kami dapat memperbaikinya tanpa harus menunggu teknisi dari kementerian, karena sesuai dengan naskah hibah, setelah ditandatangani, PJU-TS menjadi tanggung jawab Pemkab Garut,” ujar Nurdin Yana didampingi Ķepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Satriabudi. (Diskominfo Kab. Garut/Revo)