(Beritadaerah-Kolom) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) pada tanggal 10-12 Juli 2024, telah menyelenggarakan Apkasi Otonomi Expo (AOE) di JCC Senayan, Jakarta. AOE 2024 ini dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan juga beberapa menteri yang ikut mendampingi saat pembukaan AOE seperti Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.
Dalam arahannya saat pembukaan AOE 2024, Presiden Jokowi meminta agar pemerintah daerah dapat lebih jeli dan kreatif melihat peluang yang ada di setiap daerahnya, khususnya dalam memanfaatkan potensi daerah. Selain itu juga Presiden Jokowi berharap agar para bupati semakin jeli melihat potensi daerah dan menggarap dengan baik dan kreatif.
Saya juga hadir dan melihat event AOE tersebut, yang diikuti oleh ratusan stand dari kabupaten di Indonesia. Event AOE ini diadakan setiap tahun dan pernah berhenti karena pandemi Covid-19. Bila semua kabupaten di Indonesia yang berjumlah 416 kabupaten ikut semua, mungkin tempat tersebut sudah tidak muat menampung. AOE 2024 ini merupakan pameran investasi, perdagangan, dan pariwisata terbesar se-Indonesia, dalam rangka meningkatkan promosi potensi unggulan daerah.
Ketika melihat stand, setiap kabupaten menunjukan potensi unggulannya. dalam hati saya betapa kaya kabupaten di Indonesia ini, karena masing-masing memiliki potensi baik sumber daya alam, potensi produk unggulan dan lain sebagainya. Harusnya potensi ini dapat menjadi magnet bagi buyer atau investor asing. Semua produk perkebunan seperti kopi, teh, cengkeh, coklat dan lainnya banyak ditawarkan dan pastinya produk ini memiliki pasar yang besar. Saya rasa produk unggulan seperti ini dapat memikat hati buyer dari lokal maupun luar negeri.
Event AOE 2024 bagi saya pribadi adalah hal yang baik. Ada beberapa hal yang didapatkan daerah dalam kegiatan event ini atau event pemasaran produk unggulan daerah lainnya. Event seperti ini merupakan ajang memperkenalkan potensi unggulan yang ada di daerah. Seharusnya event ini dapat dilakukan setahun 2 kali, karena ini dapat memberikan dampak peningkatan ekonomi daerah, meningkatkan citra dan identitas daerah tersebut secara nasional maupun internasional. Selain itu juga sebagai ajang untuk menarik investasi ke daerah.
Dengan event AOE, memasarkan potensi unggulan daerah dapat menarik investasi dan wisatawan yang berkontribusi pada pendapatan daerah melalui pajak, retribusi, dan konsumsi lokal. Bayangkan saja, satu investor dan team datang ke suatu daerah, ini dapat berkontribusi dari akomodasi seperti penginapan, transportasi, dan sampai pada aspek lainnya.
Pemasaran potensi unggulan seperti pariwisata, pertanian, atau industri lokal dapat memberi dampak penciptaan lapangan kerja baru bagi penduduk setempat. Selain itu dengan adanya investasi yang masuk, pemerintah daerah dapat memperbaiki infrastruktur seperti jalan, transportasi, dan fasilitas umum lainnya untuk mendukung perkembangan ekonomi.
Persiapan Produk Unggulan Daerah
Dalam mempersiapan produk unggulan daerah ada beberapa persiapan yang dapat dilakukan, seperti memulai dengan melakukan riset. Apa produk unggulan ini adalah produk yang menjadi kebutuhan dari buyer dan pasar global? Pahami dulu tren kebutuhan konsumen saat ini dan persaingan di pasar tersebut. Informasi ini sangat mudah didapatkan di internet. Selanjutnya buat identifikasi keunggulan dari pada produk yang akan ditawarkan ke pasar.
Keunggulan produk bukan saja pada harga, tapi juga produk yang ditawarkan unik? Seperti memiliki bahan baku berkualitas, atau keahlian lokal yang dibuat dengan metode tradisional atau lainnya. Jangan lupa, produk yang ditawarkan sudah memiliki branding, kemasan yang baik, informasi yang jelas dalam kemasan, desain menarik sehingga citra merek yang dibuat dapat diterima oleh pasar.
Terkait dengan produk yang akan kita pasarkan, minimal memiliki standar kualitas yang berlaku di Indonesia seperti SNI, BPOM untuk makanan dan minum, dan alangkah baiknya bila memenuhi standar kualitas internasional dan disesuaikan dengan regulasi pasar global. Pastinya ini memberikan nilai tambah bahwa produk kita memiliki kualitas yang baik.
Strategi Pemasaran yang Tepat
Pemasaran produk unggulan yang tepat dapat dimulai dari melakukan pemasaran digital. Ini hal yang paling cepat dan mudah dilakukan selain itu gratis tanpa biaya. Pemasaran produk unggulan dapat melalui media sosial yang dibuat menarik hingga dapat menargetkan negara yang menjadi tujuan pemasaran. Saat ini banyak platform digital menawarkan cara-cara yang hemat biaya untuk menjangkau audiens global. Bayangkan satu video viral yang menampilkan teknik tenun tradisional dengan melalui handphone, dari video masuk permintaan kain tenun dengan jumlah banyak, atau dapat menjalin kemitraan dengan influencer yang membawa produk ke audiens baru.
Selain tampil di pameran lokal atau dalam negeri, kehadiran daerah dalam pameran internasional dapat memberi dampak besar. Sebagai contoh ada sebuah pameran perdagangan yang ramai di Paris, di mana para pengunjung yang penasaran dari seluruh dunia datang di acara tersebut, maka dengan satu event saja dapat menjangkau buyer dari negara-negara lain.
Di era digital saat ini, platform e-commerce dapat menjadi solusi juga dalam memasarkan produk unggulan dan juga strategi yang lain seperti bermitra dengan agen internasional. Ini salah satu langkah tepat dalam memasuki pasar yang lebih luas. Terakhir, selamat memasarkan produk unggulan daerah, kedepan saya juga berharap produk unggulan setiap daerah dapat dikenal di Pasar Global.