(Photo: Infopublik)

Kolaborasi KAI Services dan BNI: Pemberdayaan UMKM Penyedia Makanan Lokal di Kereta Api

(Beritadaerah-Jakarta) KAI Services dan BNI berkolaborasi dalam upaya meningkatkan ekonomi dan memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan menyediakan makanan ringan lokal khas Indonesia di kereta api. Inisiatif ini bertujuan untuk memperluas jangkauan produk UMKM ke pasar yang lebih luas.

Menurut Lies Permana Lestari, Director of Consumer Business KAI Services, inovasi dan kerja sama ini melibatkan UMKM mitra binaan BNI yang berorientasi ekspor, mencakup pasar di Jawa dan Sumatra. Fokus utama adalah kurasi kualitas rasa dan kemasan yang menarik, untuk memberikan keunikan pada produk yang dijual di kereta api.

KAI Services yang berkomitmen dalam pemberdayaan UMKM bekerja sama dengan BNI Xpora, ekosistem UMKM berorientasi ekspor. UMKM yang terlibat telah menembus pasar internasional seperti Jepang, Korea, Eropa, dan Amerika. BNI Xpora mendukung peningkatan potensi UMKM Indonesia melalui program Go Productive, Go Digital, dan Go Global, serta melayani Diaspora Indonesia yang berprofesi sebagai pengusaha di luar negeri.

M. Safri Hidayat, Division Head Retail Productive Banking BNI, menambahkan bahwa BNI Xpora terus membuka akses pasar bagi UMKM binaannya, baik domestik maupun internasional. Kerja sama dengan KAI Services ini diharapkan dapat berkelanjutan, memperbanyak varian produk UMKM yang tersedia di kereta api.

Kerja sama ini mencakup penyediaan snack lokal khas Indonesia dari beberapa UMKM daerah pilihan. Para UMKM ini kini memiliki kesempatan untuk menjual produknya di kereta api, sesuatu yang belum pernah mereka capai sebelumnya.

Program ini akan memberikan fasilitas penyediaan produk makanan ringan UMKM binaan BNI pada layanan On Board Service kereta api yang dijalankan oleh KAI Services. Penumpang kereta api akan dapat membeli produk-produk makanan ringan berkualitas ekspor dari UMKM binaan BNI, yang memberikan manfaat ekonomis bagi para pelaku UMKM dan mendukung produk lokal unggulan.

Kolaborasi KAI Services dan BNI dalam memberdayakan UMKM ini akan dimulai pada 5 Agustus 2024. Makanan ringan dari UMKM binaan BNI akan dijual di semua kelas kereta, baik ekonomi maupun eksekutif.

Tahun ini menjadi momen penting bagi KAI Services dalam menggandeng dan memberdayakan UMKM untuk bersinergi bersama dalam program Kuliner Kereta.