polres aceh

Polres Nagan Raya Fasilitasi Warga Pedalaman Ujian Kesetaraan

(Berita Daerah-Aceh)Kepolisian Resor (Polres) Nagan Raya, memfasilitasi puluhan masyarakat pedalaman di Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang dan Kecamatan Beutong Ateuh, untuk ujian kesetaraan agar memiliki ijazah pendidikan berupa paket A, B dan C.

“Upaya ini kami lakukan untuk membantu masyarakat dalam mencari pekerjaan di perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Nagan Raya sesuai dengan keahliannya masing-masing,” kata Kapolres Nagan Raya, AKBP Rudi Saeful Hadi, dari rilis Humas Polda Aceh, Selasa (16/7/2024).

Menurutnya, ada sekitar 40 masyarakat di Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang dan Kecamatan Beutong, yang saat ini telah berhasil memiliki ijazah kesetaraan berupa paket A, B dan C, setelah sebelumnya mengikuti ujian pada tanggal 8 April 2024 di gedung SKB Kabupaten Nagan Raya yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya.

Bantuan pendidikan tersebut, merupakan inisiatif dirinya setelah mendapatkan masukan dan keluhan yang disampaikan oleh masyarakat Kecamatan Beutong dan Beutong Ateuh Banggalang beberapa waktu lalu.

“Sebelumnya masyarakat mengeluh tentang banyaknya masyarakat yang tidak tamat sekolah, sehingga masyarakat susah untuk mencari pekerjaan,” kata kapolres.

Menindaklanjuti keluhan ini, kemudian dirinya memberi perintah kepada Kapolsek Beutong, untuk mendata masyarakat yang tidak memiliki ijazah baik SD, SMP maupun SMA untuk dibantu proses mendapatkan ijazah paket A, B dan C di Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya.

Guna memudahkan masyarakat mendapatkan lapangan pekerjaan, Polres Nagan Raya juga berupaya melakukan koordinasi dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Nagan Raya, untuk memberikan pelatihan kepada para masyarakat sesuai dengan keahliannya masing-masing.

“Dengan adanya pelatihan sesuai keahlian, memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pekerjaan baik secara mandiri, maupun di perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Nagan Raya,” kata AKBP Rudi Saeful Hadi.