(Photo: Infopublik)

Forum Kompetensi UMKM di Jayapura Digelar oleh Kementerian Investasi

(Beritadaerah-Jakarta) Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Pemerintah Provinsi Papua menyelenggarakan Forum Peningkatan Kompetensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Jayapura, Provinsi Papua, pada Senin (22/7/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian di wilayah tersebut.

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, menekankan pentingnya empat aspek utama bagi para pengusaha untuk meraih kemajuan, yaitu pengelolaan keuangan yang baik, manajemen usaha yang solid, konsistensi, dan kegigihan. Bahlil juga menyampaikan bahwa menjadi pengusaha memerlukan disiplin dan kesiapan menghadapi tantangan.

Acara ini merupakan yang ketiga diadakan pada tahun 2024, setelah sebelumnya di Banda Aceh dan Surakarta. Ibu Negara Iriana Joko Widodo, sebagai Pembina Dekranas, dan Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin turut hadir berinteraksi dengan pelaku UMKM di lokasi kegiatan.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo memberikan motivasi kepada para pelaku UMKM untuk terus berinovasi dalam mengembangkan dan memasarkan produk mereka. Ketua Harian Dekranas, Tri Tito Karnavian, dalam sambutannya menggarisbawahi kontribusi besar UMKM terhadap perekonomian nasional, yang mencapai 60,5 persen dari produk domestik bruto (PDB).

Tri menekankan pentingnya meningkatkan kualitas produk kriya asal Papua, seperti noken, dan menjaga kelestarian lingkungan serta ketersediaan bahan baku. Ketua Bidang Manajemen Usaha Dekranas, Sri Suparni Bahlil, menyampaikan bahwa forum ini diikuti oleh 500 pelaku UMKM dari berbagai wilayah di Papua, dan kegiatan serupa akan diadakan di Wamena, Provinsi Papua Pegunungan, pada tanggal 24 Juli 2024.

Sri juga mengapresiasi dukungan dari pemerintah, khususnya Kementerian Investasi, yang konsisten berkolaborasi dengan Dekranas untuk mendukung perkembangan dan daya saing UMKM.

Forum ini diikuti oleh 350 pelaku UMKM dari berbagai daerah di Provinsi Papua. Ibu Negara bersama Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin memberikan penghargaan Anugerah Kriya Unggulan Terbaik Se-wilayah Papua. Penghargaan ini diberikan kepada Honai Made, UMKM binaan Dekranasda Provinsi Papua Pegunungan; Sanggar Noken Aniya, UMKM binaan Bank Indonesia; dan Sahacyda Permai, UMKM binaan Dekranasda Provinsi Papua Tengah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal Riyatno, Penjabat (Pj) Gubernur Papua M. Ridwan Rumasukun, Pj Gubernur Papua Pegunungan, Direktur Pemberdayaan Usaha Kementerian Investasi/BKPM Anna Nurbani, Pendiri dan Pemilik Trusmi Group Sally Giovany, Perancang Busana Wignyo Rahadi, serta perwakilan dari sektor perbankan yaitu Bank Indonesia, Bank BRI, dan Bank Papua.