(Photo: Infopublik)

Kementerian PUPR Terima Penghargaan MURI untuk Pembangunan Infrastruktur Tercepat di IKN

(Beritadaerah-Jakarta) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perumahan berhasil memperoleh penghargaan dari Museum Rekor Dunia – Indonesia (MURI) untuk kategori Pembangunan Tower Hunian Siap Huni Tercepat dan Pembangunan Hunian Modular TNI Tercepat di Indonesia. Penghargaan ini diberikan atas capaian dalam pembangunan infrastruktur perumahan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Direktur Jenderal Perumahan PUPR, Iwan Suprijanto, dalam pernyataannya pada Senin (5/8/2024) di Jakarta, menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan sebuah pencapaian istimewa menjelang Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia. Ia berharap bahwa penghargaan ini akan meningkatkan semangat para pekerja di IKN untuk terus menghasilkan infrastruktur yang berkualitas dan terbaik.

Rekor MURI diserahkan pada Jumat (2/8/2024) di IKN, di mana Senior Manajer Museum MURI Triyono memberikan dua Rekor MURI kepada Dirjen Perumahan PUPR Iwan Suprijanto. Penghargaan ini diberikan untuk prestasi Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun Pembangunan Rusun ASN 1 dan Proyek Pembangunan Hunian Modular TNI di IKN.

Iwan menekankan bahwa pembangunan infrastruktur dasar dan permukiman di IKN dilakukan dengan perencanaan yang matang, menjaga kualitas serta mutu bangunan. Selain itu, berbagai inovasi dan teknologi konstruksi diterapkan untuk mempercepat proses pembangunan tanpa mengorbankan kualitas, serta untuk meningkatkan kompetensi pekerja konstruksi di Indonesia.

Ia menambahkan bahwa pembangunan ini membuktikan ketangguhan dan kerja keras para pekerja konstruksi Indonesia, serta menunjukkan bahwa IKN bukan hanya sebuah proyek dengan target tertentu tetapi juga menjadi simbol keseriusan dalam pembangunan.

Penghargaan untuk Pembangunan Tower Hunian Siap Huni Tercepat diraih melalui proyek Konstruksi Terintegrasi Rancang dan Bangun Pembangunan Hunian Vertikal ASN 1, yang berhasil menyelesaikan tower siap huni dalam waktu 245 hari. Kerjasama antara Kementerian PUPR dengan PP – Urban – Jaya Konstruksi, KSO menghasilkan sembilan tower hunian yang terdiri dari 10 lantai hunian dan 2 lantai podium, dilengkapi dengan fasilitas umum dan sosial.

Sementara itu, penghargaan untuk Pembangunan Hunian Modular TNI Tercepat diberikan untuk proyek pembangunan hunian modular yang menggunakan teknologi modular. Proyek ini, yang dikerjakan bersama WIKA Gedung – Abipraya KSO, menyediakan hunian bagi personel TNI di IKN, dan berhasil menyelesaikan tiga tower hunian prajurit dan Masjid Patriot Nusantara dengan cepat.

Senior Manajer Museum Rekor MURI, Triyono, menyampaikan bahwa ini bukan kali pertama Kementerian PUPR menerima penghargaan MURI. Ia juga memuji kualitas bangunan hunian vertikal di IKN yang dapat digunakan untuk akomodasi peserta Peringatan HUT RI. Triyono menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas prestasi luar biasa Kementerian PUPR dalam pembangunan infrastruktur.