(Photo: Infopublik)

Telkom Manfaatkan Chatbot AI untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Aplikasi Pijar Belajar

(Beritadaerah-Jakarta) PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui fitur chatbot AI bernama Tanya Pijar yang terdapat di platform pendidikan Pijar Belajar. Teknologi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih interaktif dan personal bagi para siswa.

Komang Budi Aryasa, EVP Digital Business and Technology Telkom, menjelaskan bahwa kehadiran Pijar Belajar, sebagai salah satu produk unggulan Leap Telkom Digital, menunjukkan komitmen Telkom dalam mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia melalui platform digital yang berkelanjutan. Komang menambahkan bahwa penggunaan chatbot AI ini merupakan langkah yang dilakukan Telkom sebagai perusahaan BUMN untuk membantu siswa dalam proses belajar.

Menurutnya, chatbot AI Tanya Pijar berperan penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif. Teknologi ini juga dirancang untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan belajar mandiri seperti manajemen waktu, pengaturan tugas, dan pemecahan masalah.

Selain memberikan solusi atas tantangan yang dihadapi dalam proses belajar, Tanya Pijar juga dapat menyajikan penjelasan materi secara komprehensif dengan bantuan AI yang mampu merangkum informasi secara cepat. Fitur ini dirancang untuk menjawab soal dari berbagai mata pelajaran, menjadikannya alat pembelajaran yang sangat fleksibel.

Komang mengungkapkan bahwa chatbot AI Tanya Pijar merupakan bagian dari komitmen Telkom dalam mengembangkan dan mengadopsi teknologi terbaru untuk mendukung proses pembelajaran di semua jenjang, mulai dari kelas satu hingga kelas 12. Pengguna dapat mengakses Tanya Pijar melalui aplikasi Pijar Belajar yang bisa diunduh di smartphone, atau melalui situs web resmi Pijar Belajar.

Selain itu, Komang menyampaikan bahwa lebih dari 1,6 juta siswa di Indonesia telah memanfaatkan kemudahan aplikasi belajar online Pijar Belajar. Di bawah naungan Leap-Telkom Digital, Pijar Belajar terus memperluas layanan digitalnya untuk mendukung pendidikan di Indonesia.

Dengan adanya teknologi AI ini, diharapkan siswa maupun guru dapat lebih mudah mengakses informasi dan solusi pembelajaran hanya dengan memasukkan kata kunci soal atau materi yang diinginkan. Telkom optimis bahwa inovasi ini akan terus meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Air.