(Beritadaerah – Bandung) Baru- baru ini GoodStats mengeluar Index kota wisata pilihan masyarakat Indonesia dan Kota Bandung masuk tiga besar sebagai kota wisata pilihan masyarakat Indonesia menurut GoodStats. Meraih angka 52,4 persen, Kota Bandung menempati peringkat tiga setelah Yogyakarta (71,2 persen) dan Denpasar (70,4 persen). (Dikutip dari sumber bandung.go.id) Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Nuzrul Irwan Irawan menyampaikan, sejumlah potensi wisata sedang terus ditumbuhkan Pemkot Bandung guna menarik minat wisatawan untuk datang ke kota Bandung.
Irwan menjelaskan, ada sepuluh objek daya tarik wisata Kota Bandung, antara lain:
1. Kawasan kuliner (Jalan LLRE Martadinata/Riau dan Dago)
2. Saung Angklung Udjo
3. Gedung Sate
4. Kawasan Braga-Asia Afrika
5. Trans Studio Bandung
6. Museum Geologi
7. Paris Van Java
8. Kawasan Cihapit
9. Kawasan Jalan Cihampelas
10. Kawasan Cibadak-Sudirman
Selain itu, ada tiga potensi pariwisata yang terus dikembangkan Pemkot Bandung, antara lain kampung wisata, kawasan wisata kuliner, serta aktivitas ruang budaya. Irwan menambahkan khusus “Kampung wisata sedang disiapkan dari inisiatif ke tahap berkembang. Perlu waktu 3-5 tahun untuk masuk tahap berkembang dan bisa menghasilkan pendapatan bagi warga. Selain itu. potensi wisata kuliner terus dipasarkan ke luar, dengan aksesibilitas yang baik ke Kota Bandung, potensi wisata kuliner semakin besar,”
“Aktivasi ruang budaya di Kota Bandung juga sedang dioptimalkan. Sepanjang 2024, wisatawan mancanegara semakin banyak dan mudah kita temui di Kawasan Asia Afrika, Braga, dan mengunjungi museum maupun pertunjukan budaya. Sehingga kami akan mengaktivasi ruang budaya yang ada untuk menambah daya tarik ke Kota Bandung,” lanjut Irwan.
Dalam jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Bandung terjadi peningkatan dari tahun ke tahun, Pada tahun tahun 2021 sejumlah 5.007.610 wisatawan dan tahun 2022 meningkat menjadi 6.584.245 wisatawan dan untuk tahun 2023 saja diperkirakan mencapai 7.752.507 wisatawan.
Sedangkan okupansi hotel dilaporkan sebesar 64,77 pada triwulan 2 2024. Ini menjadi catatan positif dan mendekati capaian 68,00 pada 2023 mengingat tahun 2024 masih menyisakan waktu cukup banyak. Jumlah ini juga meningkat dibandingkan 2022 (65,00) dan sangat drastis dibanding capaian 2021 (34,37). Irwan Optimis akan terus miningkat daya tarik wisata ke lota bandung karena tiga potensi (kampung wisata, kawasan wisata kuliner, serta aktivitas ruang budaya).
Irwan menambahkan, dalam waktu dekat ini akan ada banyak acara seru yang menjadi rangkaian Hari Jadi ke-214 Kota Bandung (HJKB). Sejumlah acara juga dipersiapkan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan. Sebut saja Bandung Great Sale 2024, dan pawai kendaraan hias pada puncak perayaan HJKB 214, September mendatang.
Sebagai informasi pula, survey GoodStats tentang kota wisata pilihan masyarakat Indonesia mengungkap berbagai alasan yang membuat kota-kota tersebut menjadi favorit para wisatawan. Alasan utama yang diungkap oleh 89 persen responden adalah banyaknya pilihan tempat wisata menarik di kota-kota tersebut. Mari datang ke kota Bandung……