IC Fest 2024 Sukses Angkat Industri Kreatif Indonesia Dikancah Internasional

(Beritadaerah-Yogyakarta) International Creative Industry Conference & Festival 2024 (IC Fest 2024) yang berlangsung sejak 26-28 September 2024 di Gelanggang Inovasi dan Kreativitas Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, telah rampung diselenggarakan.

Dalam Networking Dinner IC Fest 2024, di HeHa Forest, Yogyakarta, Sabtu (28/9), Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani Mustafa, mengatakan IC Fest yang pertama kalinya diselenggarakan ini berhasil mengangkat industri kreatif di kancah internasional dan nasional, bahwa Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar dalam pengembangan industri kreatif berbasis intellectual property (IP).

“Dan yang sangat menggembirakan adalah kegiatan konferensi ini bisa menjadi wadah networking buat para pelaku industri kreatif berbasis IP baik dengan para pelaku internasional maupun dari dalam negeri,” kata Rizki.

Rizki mengungkapkan, IC Fest 2024 ini juga berhasil melampaui target yang telah direncanakan, yakni memperkenalkan potensi dari industri kreatif berbasis IP ini kepada masyarakat Indonesia dan juga kepada kementerian-kementerian lainnya, sehingga industri kreatif pada pemerintahan yang akan datang mendapat perhatian yang lebih dalam.

Namun, lebih dari itu ternyata IC Fest berhasil membuahkan komitmen kerja sama di lintas sektor baik dari dalam maupun luar negeri.

“Ini yang membuat kami sangat bahagia dan bangga, dan kemudian yang ditargetkan Mas Menteri sebenarnya selama ini dengan melibatkan pelaku dari industri kreatif, mendorong peningkatan kapasitas industri kreatif ini bisa dibilang tercapai di dalam acara ini,” kata Rizki.

IC Fest 2024 juga berhasil meningkatkan wawasan para pelaku ekonomi kreatif, karena disajikan sesi masterclass dengan berbagai topik yang berkesinambungan dalam mengembangakan usaha ekonomi kreatif yang ada.

Rizki berharap IC Fest ini bisa diselenggarakan kembali di tahun-tahun berikutnya.

“Mudah-mudahan tahun depan kita bisa buat second IC Fest, dan ini sudah diminta oleh para narasumber, mereka bertanya apakah akan ada IC Fest kembali di tahun depan, dan mereka bilang siap untuk hadir dan mendukung untuk bekerja sama, ini yang membahagiakan buat kami,” kata Rizki.

Sementara itu Direktur Manajemen Industri Kemenparekraf/Baparekraf, Syaifullah, mengucapkan terima kasih kepada para delegasi dan narasumber yang telah berpartisipasi menyukseskan penyelenggaraan IC Fest untuk pertama kalinya ini. Kedepan ia berharap acara ini akan berkembang dan menjadi lebih baik.