Harga Normal, Pj Bupati Bekasi Meninjau Pasar Tambun di Kabupaten Bekasi

(Beritadaerah-Bekasi) Pj. Bupati Bekasi, Dedy Supriyadi didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asda-2) Iwan Ridwan dan Kepala Dinas Perdagangan, Gatot Purnomo meninjau Pasar Tambun sekaligus berdialog dengan para pedagang, pada Selasa, (1/10). Kegiatan ini untuk memeriksa harga dan memastikan ketersediaan barang kebutuhan pokok bagi masyarakat menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) mendatang.

“Ya, memasuki awal Bulan Oktober ini kami melakukan kunjungan untuk memastikan apakah kondisi bahan pokok di Pasar Tambun terkait dengan harga-harga tetap aman. Kita antisipasi sedini mungkin menjelang akhir tahun atau Nataru kita persiapkan,” ucapnya.

Usai melakukan peninjauan dan berdialog dengan para pedagang, Dedy Supriyadi mengatakan, harga bahan pokok masih dalam kondisi normal atau dibawah harga eceran tertinggi (HET). Kecuali harga bawang putih yang belum cukup stabil.

Hasil dari peninjauan ini, Pj Bupati Dedy menyampaikan saat ini masih dalam kondisi normal terkendali dan rata-rata masih di bawah eceran tertinggi, hanya komoditas tertentu seperti bawang putih yang harganya masih belum stabil karena impor. Kami bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) terus memantau terkait kebutuhan pokok, kita terjun langsung di beberapa pasar sebagai sampling di Pasar Tambun ini.

Dedy Supriyadi menjelaskan sejumlah barang pokok seperti beras, bawang merah dan minyak goreng subsidi masih terkendali. Di sisi lain para pedagang masih mengeluhkan terkait menurunnya daya beli masyarakat di pasar tradisional tersebut.

Dedy mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Perdagangan terus melakukan sosialisasi agar para pedagang juga akrab dengan teknologi digital seperti berjualan online.

Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi terus berupaya menjaga harga bahan kebutuhan pokok tetap stabil dan terpenuhi di wilayah Kabupaten Bekasi dengan berkolaborasi dengan daerah-daerah penghasil sehingga dapat menyediakan kebutuhan bahan pokok bagi masyarakat Kabupaten Bekasi.

Terakhir Dedy sampaikan pasokan barang terus kami pantau dan kami melakukan kerjasama antar daerah, hari ini kami sudah jalin seperti beras dengan daerah Subang dan pasokan beras dari Pasar Induk Cipinang.